Amerika Serikat Jadi yang Pertama Pakai Jaringan 5G

Tim Editor

Jaringan 5G (Pixabay)

Jakarta, era.id - Perusahaan telekomunikasi Verizon asal Amerika Serikat (AS) resmi mengumumkan layanan internet pertamanya berbasis jaringan 5G. Empat kota di AS yakni Los Angeles, Sacramento, Houston, Indianapolis jadi yang pertama mencicipi layanan 5G ini.

"Layanan 5G komersil pertama di dunia ada di sini," ucap President Verizon Wireless, Ronan Dunne mengutip dari Tech Radar, Rabu (3/10/2018).

Jaringan internet generasi kelima ini, sejatinya merupakan pengembangan dari ekosistem 4G LTE yang lebih dulu dipergunakan. Nantinya, jaringan 5G Verizon ini akan menggantikan kabel penyedia layanan internet rumahan pada umumnya. 

"Kami membangun kerja sama dengan beberapa pimpinan perusahaan teknologi dunia, badan standar teknisi internasional, pejabat publik, pengembang dan pelanggan untuk melanjutkan ekosistem 5G, lebih cepat dari yang dibayangkan," Jelas Dunne.

Kecepatan jaringan 5G diklaim mencapai 300 Mbps. Dengan memanfaatkan transfer data jaringan yang lebih kecil 'Small cell' pada menara seluler, dibandingkan infrastruktur internet pada umumnya. 
 

Sementara kecepatan maksimal disebut mencapai 1 Gbps tanpa batasan data. Kecepatan 1 Gbps bisa digunakan untuk mengunduh data sebesar 1 GB hanya dalam waktu delapan detik, sedangkan kecepatan 300 Mbps bisa digunakan mengunduh data 1 GB dalam waktu 28 detik. 

Untuk tiga bulan pertama, pelanggan Verizon bisa menikmati fasilitas jaringan 5G Home secara gratis. Dilansir dari The Verge, Selasa (2/10), biaya berlangganan jaringan nirkabel 5G Home per bulan mencapai 50 dolar AS (sekitar Rp750.000). 

Tentunya, perangkat yang menggunakan jaringan 5G harus sudah mendukung koneksivitas 5G pula. Sementara untuk pelanggan baru Verizon akan dikenakan biaya 70 dolar AS (sekitar Rp1 jutuaan). 

Jaringan 5G Verizon dibangun dengan standar 5G TF, yang disebut sebagai alternatif tercepat ketimbang harus menunggu standar formal 3GPP 5G NR yang mencakup perlengkapan jaringan, perangkat, chipset, dan software. 

Lebih lanjut, Verizon mengatakan jika mitranya menyediakan standar 3GPP 5G NR, maka pelanggan tidak akan dikenakan biaya untuk upgrade.

 

Tag: internet chipset teknologi 7nm

Bagikan: