Delapan Manfaat Belimbing Bagi Kesehatan

Tim Editor

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta, era.id - Siapa yang tak kenal belimbing? Buah yang memiliki kandungan air yang banyak ini sering dijadikan jus dan dan kudapan. Saking terkenalnya buah berwarna kuning ini, Kota Depok pun menetapkan belimbing sebagai ikonnya.

Tapi, kali ini kami tak membahas soal Kota Depok. Kami mau memaparkan manfaat belimbing untuk tubuh.

Dilansir dari boldsky.com, belimbing memiliki banyak nilai gizi. Per 100 gram belimbing, ternyata mengandung 34,4 mg vitamin C; 1 gram protein; 133 mg potasium; 10 mg magnesium; 2 mg natrium; 61 IU vitamin A; dan 3 mg kalsium dan 0,1 mg zat besi. 

Buah ini juga mengandung serat yang tinggi, 7 gram karbohidrat dan sekitar 31 kalori yang membuatnya menjadi tersebut rendah kalori. 

Belimbing juga mengandung sejumlah besar antioksidan seperti senyawa polifenol, asam galat, quercetin, dan epikatekin.

Nah, dari kandungan gizi ini, ternyata belimbing punya banyak manfaat. Kami punya datanya.

1. Mencegah kanker 

Para peneliti menemukan fakta bahwa belimbing adalah buah antikanker yang manjur. Karena, buah tersebut mengandung senyawa polifenol yang mampu melawan efek mutagenik dari radikal bebas dan menghilangkannya dari tubuh yang pada gilirannya dapat mencegah kanker hati. Selain itu, belimbing mengandung serat yang membantu membersihkan usus besar, sehingga menurunkan risiko kanker usus besar.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah belimbing memberikan dampak yang baik ketika dikonsumsi tubuh. Kandungan vitamin C ini sangat baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan batuk, demam, bisul dan sakit tenggorokan secara efektif. Selain itu, menambahkan belimbing ke smoothie kamu di pagi hari, bisa menjaga sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi sel darah putih.

3. Menjaga kesehatan jantung 

Belimbing memiliki banyak kalium dan natrium yang membantu menjaga tekanan darah. Tingkat tekanan darah yang normal sangat penting untuk menjaga jantung berfungsi dengan baik dan juga memastikan detak jantung teratur sehingga aliran darah menjadi lancar.

4. Baik untuk menurunkan berat badan 

Mengonsumsi belimbing sangat baik untuk menurunkan berat badan karena mengandung 31 kalori per 100 gramnya. Belimbing juga mengandung serat yang membuat perut kamu gampang kenyang. 

Selain itu, belimbing juga bisa membantu mempercepat metabolisme tubuh dan dapat membantu mengurangi berat badan. Semakin tinggi metabolisme, semakin banyak kalori yang terbakar dan semakin mudah menurunkan berat badan.


(Ilustrasi/erai.id)

5. Menyehatkan pencernaan

Serat sangat penting untuk menjaga saluran pencernaan kamu tetap sehat. Karenanyam ini akan merangsang pergerakan feses berjalan dengan baik di saluran pencernaan sehingga mengurangi sembelit, kram, diare dan kembung. 

Selain itu, serat yang cukup dapat meningkatkan penyerapan nutrisi dan menjaga kadar vitamin dan mineral di tubuh. Belimbing juga memiliki sifat anti-peradangan yang dapat mengobati masalah di perut. 

6. Memperbaiki kulit yang bermasalah

Belimbing memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang dapat mencegah penyakit kulit seperti dermatitis dan eksim. Eksim disebabkan oleh kombinasi faktor-faktor seperti fungsi abnormal dari sistem kekebalan tubuh, kulit kering dan bakteri pada kulit. Semua ini bisa dicegah dengan memakan belimbing.

7. Risiko diabetes rendah

Mengonsumsi belimbing aman untuk diabetes kamu. Kehadiran serat dalam belimbing memperlambat pelepasan glukosa ke dalam aliran darah setelah makan makanan. Belimbing juga membantu mengontrol kadar insulin dalam tubuh. Karena itu, buah ini sangat cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes.

8. Menjaga kulit dan rambut sehat 

Belimbing memiliki banyak antioksidan seperti polifenol, asam galat, dan quercetin yang membantu mengatasi efek stres oksidatif dan menghentikan kerusakan akibat radikal bebas. Mengonsumsi belimbing akan membalikkan proses penuaan dini di wajah dan mampu memperbaiki pertumbuhan rambut.

Tag: tips sehat kesehatan buah

Bagikan: