Pesan Satire di Balik #MyanmarDay

| 10 Oct 2018 19:19
Pesan Satire di Balik #MyanmarDay
Beto (Sumber: Instagram/@pssi_fai)
Jakarta, era.id - Jelang laga uji coba Timnas Indonesia melawan Timnas Myanmar, hashtag #MyanmarDay melesat jadi trending topic nomor satu Indonesia. Hingga 18.22 WIB sore, seenggaknya #MyanmarDay telah disematkan di 14,2 juta kicauan pengguna Twitter. Lalu, apa sebenarnya isi dari #MyanmarDay?

Berdasar pantauan kami, gerakan #MyanmarDay dipicu oleh kekecewaan publik Twitter terhadap pengelolaan sepak bola nasional yang dilakukan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Makanya, jika biasanya pertandingan Timnas Indonesia dikawal dengan #TimnasDay, hari ini mereka memilih untuk mengawal pertandingan dengan hashtag #MyanmarDay sebagai bentuk protes mereka.

Akun @reizengga misalnya, yang bilang ingin menghapal lagu kebangsaan Myanmar untuk mengawal jalannya pertandingan hari ini. Atau @bagussmuhammad yang bilang selalu mendoakan timnas, meski timnas yang ia maksud adalah timnas bulu tangkis. Eits, tapi segala kicauan bernada dukungan itu sejatinya adalah satire, sebagaimana dijelaskan @fikrihakim94.

 

Selain wujud protes terhadap pengelolaan sepak bola, #MyanmarDay ternyata juga disisipi oleh protes Bobotoh terkait sanksi PSSI kepada Persib Bandung sebagai buntut kematian Haringga Sirla, Jakmania yang dikeroyok hingga tewas sesaat sebelum pertandingan Persib Bandung kontra Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) beberapa waktu lalu.

Memang, sanksi bermain tanpa penonton dan larangan bermain kandang di Pulau Jawa --dialihkan ke Kalimantan--  hingga akhir musim 2018 dan bersambung hingga pertengahan musim 2019 langsung memberi dampak buat permainan skuat Maung Bandung. Pada pekan ke-24 Liga 1 2018, Persib Bandung dikalahkan tamunya, Madura United dengan skor tipis 1-2.

Rekomendasi