Begini Cara Deteksi Kanker Payudara pada Pria

| 11 Oct 2018 09:51
Begini Cara Deteksi Kanker Payudara pada Pria
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Kalau kamu berpikir kanker payudara hanya bisa menyerang kaum hawa, kamu salah besar guys. Kanker payudara ternyata juga bisa dialami pria lho. 

Untuk membuktikan itu, spesialis obstetri dan ginekologi dari Prodia Women's Health Centre, Raditya Wratsangka menyarankan agar para pria memeriksa sendiri payudaranya.

"Pertama tentu harus meraba," kata Raditya di Jakarta, seperti dikutip Antara, Rabu (10/10/2018).

Tak seperti pada perempuan, benjolan sebagai salah satu tanda yang perlu diwaspadai mengarah pada kanker relatif lebih mudah terasa pada pria.

"Biasanya pada laki-laki lebih mudah karena jaringannya tidak terlalu tebal dibandingkan perempuan. Jadi kalau ada benjolan akan cepat terasa, " ujar Raditya.

Kemudian, berbeda dari wanita yang dianjurkan melakukan sadari pada hari ke-7 hingga 10 menstruasi--dihitung dari hari pertama menstruasi--setiap bulan, tak ada waktu khusus pria melakukannya.

Baca Juga : Sosis dan Bacon Berpotensi Kanker Payudara

Lebih lanjut, Raditya mengungkapkan, munculnya kanker pada pria bisa disebabkan sejumlah faktor seperti genetik dan gaya hidup seperti kebiasaan merokok, kurang beraktivitas fisik, terlalu banyak minum alkohol dan kelebihan berat badan.

"Berhubungan dengan gaya hidup. Selain memang secara genetik dicari ada riwayat atau tidak, walau angkanya kecil," tutur Raditya.

Baca Juga : Tujuh Gaya Hidup yang Bisa Cegah Kanker Payudara

Pemeriksaan payudara sendiri merupakan upaya untuk mendeteksi dini kanker payudara dan tidak mencegah munculnya kanker.

Rekomendasi