Makan Bayam Mencegah Kerabunan di Usia Senja

| 26 Oct 2018 07:22
  Makan Bayam Mencegah Kerabunan di Usia Senja
Ilustrasi (Unsplash)
Jakarta, era.id - Bayam adalah salah satu sayuran yang banyak manfaatnya. Bahkan, karakter Popeye diceritakan akan mendapatkan energi tambahan setelah makan bayam.

Selain cerita itu, nyatanya, ada manfaat lain yang bisa kamu dapatkan di usia tua kalau kamu suka mengonsumsi daun berwarna hijau ini. 

Dilansir dari The Indian Express, sebuah penelitian menyatakan, makan bayam, yang mengandung nitrat nabati, dapat mencegah degenerasi makula, penyebab rabun pada usia di atas usia 50.

Orang yang mengonsumsi antara 100 hingga 142 mg (miligram) nitrat sayuran setiap hari, memiliki risiko 35 persen lebih rendah terkena degenerasi makula dini usia dini (AMD) dibandingkan orang yang mengonsumsi kurang dari 69 mg nitrat sayuran setiap hari. Biar kamu tahu, bayam itu memiliki sekitar 20mg nitrat per 100gramnya.

Data ini bukan asal, karena merupakan temuan dari Journal of Academy of Nutrition and Dietetics yang mewawancarai 2.000 lebih orang dewasa Australia berusia di atas 49 tahun yang sudah diikuti selama periode 15 tahun.

"Ini adalah pertama kalinya efek dari nitrat diet pada risiko degenerasi makula telah diukur," kata pemimpin peneliti Bamini Gopinath dari Westmead Institute for Medical Research di Australia. 

Mungkin, ada beberapa orang yang khawatir kalau mengonsumsi nitrat nabati tidak baik untuk tubuh. Tapi, sebuah penelitian mengatakan, kalau kamu mengonsumsi 142 mg nitrat nabati setiap hari, itu tidak akan terjadi apa-apa.

Dan asal kamu tahu, mengonsumsi ini sangat baik agar tidak terkena degenerasi makula dini usia dini (AMD), ketika berusia 50-an. Apalagi, sampai saat ini, belum ada obat untuk masalah seperti ini.

Rekomendasi