FIFA Kemungkinan Tambah Peserta Piala Dunia 2022

| 31 Oct 2018 15:49
FIFA Kemungkinan Tambah Peserta Piala Dunia 2022
Presiden FIFA Gianni Infantino (Twitter @BarcaTimes)
Kuala Lumpur, era.id - Peserta Piala Dunia 2022 di Qatar mungkin bakal ditambah. Hal tersebut diungkapkan oleh Presiden FIFA Gianni Infantino dalam kongres tahunan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) di Kuala Lumpur, Rabu (31/10/2018).

Awal tahun lalu, FIFA berencana untuk menambahkan jumlah peserta Piala Dunia 2026 yang akan digelar bersama oleh AS, Kanada dan Meksiko menjadi 48 negara dari sebelumnya 32 negara, dan membuka pintu bagi penambahan jumlah peserta di Piala Dunia 2022 Qatar.

"Kami telah memutuskan untuk menambah jumlah negara peserta di putaran final Piala Dunia dari 32 menjadi 48 peserta dan ini akan terjadi pada 2026," kata Infantino, seperti dilansir dari Sky Sports

"Apakah penambahan itu akan terjadi pada Piala Dunia 2022? Kita lihat saja. Jika memungkinkan bisa saja, kenapa tidak?" katanya.

Dengan adanya penambahan jumlah peserta itu, maka alokasi untuk Asia akan meningkat dari 4,5 menjadi 8,5.

"Kami harus melihat dulu kemungkinannya. Kami akan membicarakannya dengan rekan kami dari Qatar, kami juga akan bicarakan dengan rekan-rekan dari wilayah lain dan kami berharap hal ini bisa terjadi," katanya.

"Dan jika tidak, kami telah berusaha. Kami akan berusaha karena kami selalu ingin mencoba untuk melakukan hal-hal yang lebih baik," katanya menambahkan.

Qatar, negara kecil di Teluk Arab itu, hanya memiliki populasi sekitar 2,5 juta, pada 2010 terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 yang menurut rencana akan diikuti peserta dengan jumlah 32 negara.

Infantino mengungkapkan, untuk menambahkan jumlah peserta pada Piala Dunia 2022, diperlukan kerja sama dengan negara-negara di wilayah lain.

Supaya kamu tahu. Qatar dilanda konflik sejak Juni lalu dengan beberapa negara tetangga seperti Saudi Arabia, Bahrain, UEA dan bahkan Mesir yang memutuskan hubungan diplomatik karena menuduh Qatar mendanai aksi terorisme. Tapi tuduhan tersebut dibantah oleh Qatar.

Tak sampai di situ. Infantino juga menyampaikan keinginannya untuk menambah jumlah peserta Piala Dunia Antara Klub yang akan digelar di UEA pada Desember mendatang, dan menegaskan FIFA menginginkan sebuah kompetisi yang sesungguhnya.

Baca Juga : Belgia Puncaki Peringkat FIFA

Rekomendasi