Jangan Sampai Salah Mencuci Makanan

| 22 Nov 2018 11:16
Jangan Sampai Salah Mencuci Makanan
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Biasanya, bahan makanan yang akan diolah disarankan untuk dicuci terlebih dulu. Tapi, ternyata banyak orang yang salah dalam mencuci bahan makanan tersebut

Dilansir dari The Times of India, Kamis (22/11/2018), ada lima bahan makanan yang seharusnya dicuci dengan seksama. Berikut ini daftar lima makanan tersebut:

1.  Buah dan sayuran beku

Banyak yang beranggapan buah dan sayuran beku tidak perlu dicuci sebelum dikonsumsi. Itu adalah hal yang salah. Karena buah dan sayuran beku harus dicuci untuk menyingkirkan kotoran dan bakteri yang menepel pada mereka sebelum dimasak. 

2. Kubis dan kembang kol

Cacing pita babi ternyata juga ditemukan di sejumlah sayuran, seperti kubis dan kembang kol. Karena itu, sebelum mengonsumsi sayuran tersebut, kamu harus mencucinya secara saksama.

Cara yang tepat untuk mencuci kubis adalah dengan memindahkan dua lapisan atas, memotongnya hingga halus dan mencelupkannya ke dalam air dengan beberapa cuka selama beberapa menit. Bilas kubis dengan air bersih. Jika kamu mau memasak kembang kol, kamu perlu membersihkan semua sudut dan memisahkannya menjadi beberapa bagian.

3. Ikan

Mencuci ikan atau ayam sebelum dimasak merupakan sesuatu yang wajib. Tetapi kamu akan terkejut mengetahui bahwa mencuci ayam mentah ikan di bawah wastafel dapur, meningkatkan risiko penyebaran bakteri di dapur kamu. 

Lalu, jangan lupa mencuci pisau, memotong papan dan tangan kamu setelah memotong ayam.

4. Apel

Tidak peduli seberapa segar buahnya, mereka masih bisa saja diendapkan bahan kimia dan pestisida. Nah, untuk membersihkan apel, rendam dalam air dengan baking soda selama 12 menit. Melakukan hal ini akan menghilangkan sebagian besar bahan kimia yang menempel pada kulit apel.

5. Selada

Membersihkan selada itu mudah. Robek daun selada dalam dua atau tiga bagian dan taruh dalam air dingin selama beberapa menit. Ambil dan bilas dengan air bersih.

Selamat mencoba di dapur kalian

Rekomendasi