Cara Mengajak Anak ke Dokter Gigi

| 21 Mar 2019 07:02
Cara Mengajak Anak ke Dokter Gigi
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Halo para orang tua, pernah enggak merasa bingung, kok rasanya susah banget ya mengajak anak ke dokter gigi? Alasan utama sang anak, biasanya adalah ketakutan. Buat kalian para orang tua, jangan menyerah, sebab kami akan bagikan sebuah tips.

Psikolog Keluarga, Ayoe Sutomo mengatakan, orang tua harus memberitahukan berbagai hal positif dan menyenangkan yang didapat anak jika pergi ke dokter untuk merawat giginya.

"Usahakan perjalanan menuju tempat praktik dokter gigi dalam situasi senang dan bercerita tentang gigi yang lebih bersih setelah kunjungan itu," katanya lewat siaran pers, Rabu (20/3/2019).

Ayoe mengatakan, kata-kata positif kepada anak-anak akan mengurangi perasaan takut anak terhadap dokter gigi. Demikian pula, pelukan dari orang tua.

Cara lain, menurut Ayoe, yaitu dengan memberikan hadiah barang sehingga anak dapat diajak rutin ke dokter gigi setidaknya enam bulan sekali.

Namun jika anak terlanjur mempunyai pengalaman buruk dengan dokter gigi tertentu, orang tua masih bisa mengubah pengalaman itu dengan memberikan sisi positif pemeriksaan gigi.

"Ajak anak ke dokter gigi yang lebih rama mungkin akan jadi solusi lain. Ruang praktik dokter gigi dengan hiasan yang menyenangkan akan mengurangi ketakutan anak."

Ayoe menambahkan cerita atau pengalaman negatif tentang dokter gigi dari pihak lain dapat diatasi dengan pendekatan khusus orang tua kepada anak melalui diskusi personal.

Rekomendasi