Waduh Layar Samsung Galaxy Fold Gampang Rusak?

| 22 Apr 2019 08:19
Waduh Layar Samsung Galaxy Fold Gampang Rusak?
Layar lipat Samsung Galaxy Fold rusak (Twitter @markgurman)
Jakarta, era.id - Smartphone anyar Samsung Galaxy Fold sudah disebar bagi mereka yang sudah melakukan pre-order. Namun, beberapa pengguna yang berkesempatan menjajal ponsel tersebut mengeluhkan kerusakan pada layar lipat Galaxy Fold yang disebut-sebut gampang rusak. Kok bisa?

Mengutip dari The Verge, Minggu (21/4) layar lipat Galaxy Fold disebut-sebut rusak setelah beberapa reviewer gadget meng-upload video product Samsung teranyar itu ke YouTube masing-masing. 

Setelah ditelusuri, penyebab kerusakan pada layar Samsung Galaxy Fold disebabkan ketidaktahuan penggunanya membuka lapisan pelindung yang terlihat seperti antigores yang dilepas. Padahal itu bukanlah antigores dan tidak seharusnya dilepas.

Dengan melepas lapisan film tersebut maka bisa menyebabkan kerusakan pada layar Galaxy Fold. Yang teburuk yakni layar menjadi hitam (blank) di sebagian besar area dan tidak lagi bisa menampilkan gambar.

Laporan pertama datang dari Mark Gruman, jurnalis Bloomberg. Lewat akun Twitternya dia melaporkan kalau layar lipat dari Galaxy Fold yang digunakannya rusak, alhasil tidak dapat digunakan sama sekali. 

Gurman mengaku menggunakan dua hari. Dia berpendapat masalah ini mungkin disebabkan karena dia melepas lapisan pelindung layar yang memang sebenarnya tidak boleh dilepas. 

Tapi tidak berhenti di situ. Jurnalis CNBC Steve Kovach juga mengalami masalah pada Galaxy Fold yang digunakannya. Padahal dia tidak melepas lapisan pelindung layar. Steve sempat memvideokan kondisi ponsel tersebut dan membagikannya di akun Twitternya.

Menilik lebih jauh, ternyata larangan melepas lapisan film pada layar Galaxy Fold memang sudah dicantumkan Samsung pada buku panduan yang disertakan dalam paket penjualan Galaxy Fold. Samsung juga telah mengatakan akan menginspeksi kembali unit yang bermasalah tersebut. 

Samsung juga mengomentari soal laporan dari sejumlah pengguna yang telah melepas lapisan polymer di layar utamanya dan mengakibatkan layar tersebut rusak. Vendor asal Korea Selatan ini menegaskan bahwa lapisan tersebut merupakan pelindung untuk layar dan tidak boleh dilepas.

"Display utama Galaxy Fold memiliki lapisan pelindung di atasnya, yang merupakan bagian dari struktur display yang dirancang untuk melindungi layat dari goresan tidak diinginkan," kata Samsung seperti dikutip The Verge.

"Melepas lapisan pelindung atau menambahkan perekat di display utama dapat menyebabkan kerusakan. Kami akan memastikan informasi ini disampaikan dengan jelas kepada pelanggan kami," sambungnya. 

YouTuber sekaligus reviewer gadget Marques Brownlee, juga bilang kalau lapisan pelindung polymer yang ada di layar lipat Galaxy Fold tidak boleh dilepas. Pasalnya kemungkinan besar Samsung tidak akan memberikan garansi untuk kerusakan ini karena mereka sudah mengingatkan pada petunjuk penggunaan yang disertakan.

 

 

Rekomendasi