Google Pixel 3a, Ponsel Entry Level Berkamera Wah

| 08 May 2019 20:08
Google Pixel 3a, Ponsel <i>Entry Level</i> Berkamera Wah
Google Pixel 3a (Twitter @Madebygoogle)
Jakarta, era.id - Wara-wiri kehadiran ponsel budget untuk lini Google Pixel 3a dan 3a XL akhirnya diumumkan di Google I/O 2019. Varian smartphone ini bakal menjadi jawaban kalian yang ingin meminang ponsel berkamera wah dengan harga terjangkau.

Kedua smartphone Google ini merupakan versi terjangkau dari seri sebelumnya, Google Pixel 3 dan 3 XL yang dirilis tahun lalu. Walaupun ada sedikit penurunan dari beberapa spesifikasinya, kedua smartphone ini tetap memiliki kualitas terbaik di kelasnya.

Dari segi desain tidak ada perbedaan jauh di keduanya, hanya saja Google Pixel 3a dan 3a XL tidak lagi menerapkan desain notch atau poni. Kedua smartphone terbaru menyisakan bezel yang cukup lebar di bagian atas dan bawah layar.

Perbedaan terbesar dari varian 3a dan 3a Xl hanya terletak di kapasitas baterai dan juga harganya. Ya varian termurah dari Pixel 3 ini dibanderol dengan harga 399 dolar AS atau setara Rp5,7 juta untuk varian 3a dan 479 dolar AS atau sekitar Rp7 juta untuk Pixel 3a Xl.

 

Melansir dari Cnet, manuver Google untuk menghadirkan smartphone untuk entry level sebagai bentuk antisipasi dari lini ponsel sebelumnya yang kurang laku dipasaran. 

Sekalipun Google memiliki super kameranya yang mendapat pujian dari berbagai kalangan. Namun faktanya Pixel 3 kurang diterima orang-orang secara umum karena harganya yang tidak murah. 

Sejatinya apa yang ditawarkan dalam varian Pixel 3a ini tak berbeda jauh dengan Google Pixel generasi pertama. Bukan karena spesifikasi dan fitur yang dihadirkan tak terlalu wah dibanding seri pendahulunya. Tapi sekilas memang cukup mirip hanya berbeda sedikit 1,6 inch dari Google Pixel.

 

Memang Pixel 3a tak menggunakan dapur pacu sekelas snapdragon 800 dan hanya menawarkan Ram 4 Gb. Selain itu masih adanya dagu dan jidat serta bazel yang tidak bisa dibilang tipis, apalagi kalau dibandingkan dengan ponsel entry level lainnya saat ini yang sudah hampir bezelles.

Namun patut diacungi jempol, Google tetap membenamkan super kamera dari Pixel 3 untuk varian 3a dan 3a XL. Selain itu kehadiran update sistem operasi langsung dari Google, jadi daya tarik tersendiri bagi para penggunanya. 

Sayangnya, Google Pixel 3a dan 3a XL tidak dijual resmi di Indonesia. Keduanya dipasarkan secara resmi di 13 negara seperti, Amerika Serikat, Kanada, Australia, Prancis, Jerman, Irlandia, Italia, Jepang, Singapura, Spanyol, Taiwan, Inggris, dan India.

 

Rekomendasi