Mengenang Kembali Chrisye dalam Google Doodle

| 16 Sep 2019 11:38
Mengenang Kembali Chrisye dalam Google Doodle
Google Doodle Chrisye (Google)
Jakarta, era.id - Tepat hari ini 16 September, merupakan ulang tahun dari salah satu musisi terbaik Tanah Air, Chrisye. Bertepatan dengan 70 tahun kelahirannya, Google Indonesia turut merayakannya dalam bentuk karikatur Google Doodle.

Chrismansyah Rahadi, demikian nama lengkap dari musisi yang lahir di Jakarta, pada 1949. Sosoknya dikenal sebagai penyanyi pop yang telah menghasilkan berbagai karya abadi yang akan selalu didengarkan para penikmat musik dari masa ke masa. 

Dalam tampilan karikaturnya di Google Doodle, sosok Chrisye digambarkan lengkap dengan setelan kemeja putih dan kacamata sembari memegang gitar. Latar belakang karikatur itu juga memperlihatkan untaian kata Google dengan deretan lilin yang merujuk pada lagu Chrisye berjudul 'Lilin-lilin Kecil'.

"Sepanjang kariernya, Chrisye telah banyak memenangkan penghargaan di dunia musik dan secara luas dianggap sebagai salah satu musisi Indonesia terbesar sepanjang masa," tulis Google, dalam situs resminya, Senin (16/9/2019).

 

Karikatur Chrisye ini dibuat khusus oleh seniman asal Yogyakarta, Antares Hasanbasri. Kepada Google, Antares menceritakan inspirasinya dalam membuat karikatur Chrisye. 

"Chrisye selalu menjadi bagian dari masa kecil saya. Orang tua saya biasa memainkan lagu-lagunya. Suara lembut dan lagu-lagunya yang catchy selalu menangkap nostalgia tahun 90-an itu. Saya yakin orang-orang dari generasi saya telah mendengarkan setidaknya satu dari lagunya jika mereka bukan penggemar Chrisye," ungkap Antares. 

Jika doodle tersebut diklik, maka langsung muncul beragam informasi mengenai Chrisye. Semasa hidupnya, Chrisye telah banyak menciptakan karya musiknya dengan mengeluarkan 31 album termasuk Guruh Gipsy, 21 album studio, dan sembilan album kompilasi. 

Dan salah satu karya yang paling berpengaruh dalam hidup Chrisye ketika dirinya tak kuasa menyanyikan lagu 'Ketika Tangan dan Kaki Berkata' pada tahun 1997. 

Chrisye wafat pada usia 57 tahun penyakit kanker paru-parunya. Ia menikah dengan Gusti Firoza Damayanti Noor dan memiliki empat orang anak bernama Rayinda Prashatya Chrismansyah, Randa Pramasha, Rizkia Nurannisa, dan Risty Nurraisa.

Tags : google chrisye
Rekomendasi