Europa Conference League dan Sejarah Kasta Ketiga Sepak Bola Eropa

| 26 Sep 2019 06:31
Europa Conference League dan Sejarah Kasta Ketiga Sepak Bola Eropa
UEFA (Dok. UEFA
Jakarta, era.id- UEFA resmi meluncurkan kompetisi baru yakni UEFA Europa Conference League yang akan dimulai pada 2021 mendatang. European Conference League akan menjadi liga klub Eropa kasta ketiga di bawah Liga Champions dan Liga Europa.

Liga tersebut dipastikan akan berjalan beriringan dengan Liga Champions dan Liga Europa, meski levelnya di bawah dua turnamen tersebut.

"Nama kompetisi ketiga UEFA tersebut adalah UEFA Europa Conference League. Kompetisi baru ini akan dimulai pada 2021 dan bertujuan memberikan kesepatan yang lebih luas buat klub-klub di berbagai negara untuk bertarung di kompetisi Eropa," sepeti dikutip pernyataan resmi UEFA, Rabu (25/9).

Namun federasi sepak bola benua biru itu belum menjelaskan secara detil format kompetisi, termasuk klub-klub yang akan berpartisipasi dan sistem keikutsertaannya.

Seperti di Liga Inggris saat ini, saat ini empat klub yang duduk di posisi teratas klasemen akhir musim dapat tiket ke Liga Champions. Sementara penghuni posisi lima, dan juga juara Piala FA, lolos langsung ke fase grup Liga Europa.

Pemenang Piala Liga Inggris dapat tiket kualifikasi kedua Liga Europa. Saat ini, jumlah total klub Eropa yang berlaga di ajang antarklub Eropa ada 80 tim. Rinciannya, 32 tim bertarung di Liga Champions dan 48 lainnya berlaga di Liga Europa. 

UEFA sebenarnya pernah punya tiga kompetisi antarklub sebelum tahun 1999, yakni Liga Champions, Piala UEFA, dan Piala Winners. Piala Winners merupakan ajang pertarungan para juara piala domestik seperti FA Cup di Inggris atau Coppa Italia di Italia. Kemudian pada 1999, Piala Winners dilebur ke dalam Piala UEFA yang kini bernama Liga Europa.

UEFA juga pernah menggelar turnamen lain bernama Piala Intertoto. Turnamen ini merupakan jalan belakang bagi klub-klub yang bertarung untuk ikut serta di Piala UEFA tetapi gagal lolos lewat jalur piala domestik. Kejuaraan sepak bola ini ditiadakan setelah berakhirnya musim kompetisi 2008. Mulai kompetisi 2009 tim-tim yang seharusnya mengikuti Piala Intertoto langsung dimasukkan ke babak penyisihan Piala UEFA.

Rekomendasi