Diet Ekstrem Idol K-Pop di Balik Tren Korean Wave

| 11 Oct 2019 13:21
Diet Ekstrem Idol K-Pop di Balik Tren <i>Korean Wave</i>
Aktris Korea IU. (Instagram/dlwlrma)
Jakarta, era.id - Mewabahnya demam Korea di Indonesia rupanya tidak berawal dari musik K-Pop, melainkan drama-drama Korea pada awal 2000-an. Salah satu drama yang paling fenomenal kala itu adalah Endless Love. Drama ini kemudian membuka jalan bagi Korean Wave di Tanah Air.

Serial demi serial mulai ramai masuk ke Indonesia. Sebut saja Full House yang dibintangi Rain dan Song Hye Kyo serta drama Boys Before Flowers. Drama ini banyak digemari oleh remaja, khususnya kaum hawa karena penampilan aktris dan aktor Korea yang tampan. 

Bukan hanya itu, lagu yang melengkapi drama Korea membuat masyarakat penasaran dan mencari tahu siapa penyanyinya dan berujung mendengarkan serta mencari tahu musik Korea. Di sinilah K-Pop atau Korean Pop akhirnya masuk.

Genre K-pop diperkenalkan oleh grup Seo Taiji and Boys pada 1992. Musik dalam grup ini kemudian dibuat pembentukan ulang serta modernisasi skema musik yang saat ini menjadi kiblat di Korea Selatan.

Industri K-pop sendiri di Indonesia baru ramai mulai 2011. Konser grup K-pop Super Junior mengawali gelombang hallyu di Indonesia. Sejak itu, berbagai grup boy band maupun girl band seperti 2PM, BIGBANG, 2NE1, hingga BTS meramaikan hiburan Tanah Air.

Korean lifestyle

Korean Wave yang masuk ke Indonesia tak hanya memberikan sentuhan pada drama dan musik, tetapi juga pada fesyen. Seperti yang kita tahu Korea Selatan memiliki deretan aktor dan aktris yang sangat cantik. Hal ini juga membuat mereka diidolakan oleh muda-mudi di Indonesia. 

K-pop memunculkan trend lifestyle tersendiri. Sebut saja gaya busana dan produk kecantikan yang dipakai oleh aktris dan aktor seolah telah menyihir publik. Selain itu, pola hidup idol seperti diet menjadi salah satu tren yang digandrungi para remaja.

Baca Juga: Wordplay di Balik Iklan BTS Tokopedia

 

Untuk mendapatkan penampilan fisik yang jadi idaman para wanita itu, para bintang Korea ini tentu harus mengatur dengan baik pola makannya, termasuk aktris Lee Ji-eun atau dikenal sebagai IU. Dara manis yang juga komponis ini memiliki menu makan yang tak biasa.

Diet IU dilakukan mininum tiga hari, dengan pola makan harian yang terdiri dari konsumsi satu apel untuk sarapan, dua ubi untuk makan siang, dan segelas susu protein untuk makan malam. Meski diet IU terbilang sangat menyiksa, tapi banyak orang justru penasaran hingga mencoba hal serupa. Kini diet IU seakan menjadi tren baru.

Cara diet tersebut memang terbukti efektif menurunkan berat badan, namun tetap memiliki efek samping. Menurut dokter spesialis gizi klinik dari Mochtar Riady Comprehensive Cancer Centre (MRCCC) Siloam Hospital Jakarta, dr Inge Permadhi SpGK, diet ekstrem ini sah-sah saja dilakukan asalkan pelaku memiliki tubuh yang sehat dan tak memiliki penyakit tertentu.

 

"Diet seperti ini memang cepat dalam menurunkan berat badan, karena jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh per hari tidak sampai 500 kilo kalori. Sementara perempuan dewasa rata-rata mengonsumsi minimum 1.500 hingga 3.000 kilo kalori per hari," ujar Inge, dikutip Antara.

Diet IU masih memungkinkan bila dilakukan dalam kurun waktu tiga hari. Namun dapat membahayakan kesehatan bila dilakukan dalam jangka waktu lama atau terlalu sering. Efek jangka pendek diet IU ini akan terlihat dengan badan yang lemas mau pingsan karena kurang asupan gizi, otak lebih lamban dalam berpikir, dan bisa mengalami mood swing.

Baca Juga: Melihat Tren Pria Cantik dalam Serial Drama Korea The Tale of Nok-du

Inge menjelaskan, kondisi itu terjadi karena kurangnya zat nutrisi mikro dan makro yang diterima oleh tubuh, sementara tubuh manusia harus mendapatkan nutrisi yang cukup untuk bertahan hidup.

"Diet yang benar itu adalah mengurangi asupan kalori di samping meningkatkan aktivitas fisik (olahraga), sehingga massa lemak berkurang namun tidak mengurangi massa otot, justru harus menambah massa otot," kata Inge.

Selain diet IU, diet yang dipopulerkan oleh artis K-Pop lainnya adalah diet Wendy Red Velvet. Wendy yang merupakan vokalis utama dari kelompok vokal Red Velvet, hanya mengonsumsi sebutir apel dan minum jus selada untuk sarapan, serta jus labu untuk makan siang dan tanpa makan malam, sebagaimana dikutip dari AsiaOne.