Serial demi serial mulai ramai masuk ke Indonesia. Sebut saja Full House yang dibintangi Rain dan Song Hye Kyo serta drama Boys Before Flowers. Drama ini banyak digemari oleh remaja, khususnya kaum hawa karena penampilan aktris dan aktor Korea yang tampan.
Bukan hanya itu, lagu yang melengkapi drama Korea membuat masyarakat penasaran dan mencari tahu siapa penyanyinya dan berujung mendengarkan serta mencari tahu musik Korea. Di sinilah K-Pop atau Korean Pop akhirnya masuk.
Genre K-pop diperkenalkan oleh grup Seo Taiji and Boys pada 1992. Musik dalam grup ini kemudian dibuat pembentukan ulang serta modernisasi skema musik yang saat ini menjadi kiblat di Korea Selatan.
Industri K-pop sendiri di Indonesia baru ramai mulai 2011. Konser grup K-pop Super Junior mengawali gelombang hallyu di Indonesia. Sejak itu, berbagai grup boy band maupun girl band seperti 2PM, BIGBANG, 2NE1, hingga BTS meramaikan hiburan Tanah Air.
Korean lifestyle
Korean Wave yang masuk ke Indonesia tak hanya memberikan sentuhan pada drama dan musik, tetapi juga pada fesyen. Seperti yang kita tahu Korea Selatan memiliki deretan aktor dan aktris yang sangat cantik. Hal ini juga membuat mereka diidolakan oleh muda-mudi di Indonesia.
K-pop memunculkan trend lifestyle tersendiri. Sebut saja gaya busana dan produk kecantikan yang dipakai oleh aktris dan aktor seolah telah menyihir publik. Selain itu, pola hidup idol seperti diet menjadi salah satu tren yang digandrungi para remaja.
Baca Juga: Wordplay di Balik Iklan BTS Tokopedia