Gagal Berkarier Bukan Akhir Kehidupan

| 31 Oct 2019 13:29
Gagal Berkarier Bukan Akhir Kehidupan
Ilustrasi Karakter development (Rawpixel/Pixabay)
Jakarta, era.id - Setiap orang memiliki jalan kariernya sendiri. Ada yang tidak butuh waktu lama langsung sukses, ada juga yang membutuhkan waktu untuk itu. Begitu juga ketika anda sedang dalam proses mengembangkan karier. 

Jatuh bangun itu biasa, bahkan menurut sebuah penelitian, kemunduran dalam karier bisa menghasilkan karakter yang lebih kuat dalam dunia kerja. Melalui sebuah makalah yang diterbitkan oleh Nature Communications, kemunduran di awal karier bisa menghasilkan karakter yang lebih kuat dibandingkan orang-orang lain.

Sebuah kegagalan dalam karier anda bisa jadi menguatkan diri anda. Dikutip dari The New York Times, para peneliti mencoba penelitian dengan membandingkan karier dua kelompok ilmuwan muda. Yang satu adalah kelompok yang dibantu oleh National Institutes of Health; yang satu lainnya kelompok yang tidak pernah mendapatkan bantuan- menang tipis.

10 tahun berjalan, para peneliti menemukan bahwa kelompok yang kalah telah memiliki karier yang berhasil dan memiliki pengaruh dibandingkan kelompok yang telah memenangkan bantuan sebelumnya.

"Ketika kami pertama kali melihat hasil ini, kami merasa, 'Oh, itu tidak benar, ini bertentangan dengan semua yang saya pelajari," katanya seperti dikutip era.id, Kamis (31/10/2019).

“Kami hanya menguji semua yang kami bisa pikirkan, tetapi setiap kali kami menguji, hasilnya kembali sama. Sehingga membuat kami berpikir lebih banyak tentang mekanisme mengapa ini terjadi.” kata Dashun Wang, profesor manajemen dan organisasi di Kellogg School of Management di Northwestern sekaligus pendamping penelitian ini, dikutip dari The New York Times.

Menurut Dr. Wang, orang-orang yang sempat mengalami kegagalan mencoba menjadi mengupgrade versi yang lebih baik diri mereka. Karena seseorang yang pernah merasakan kegagalan mengetahui titik permasalahan dan mencoba mengatasi masalah tersebut. Jadi, daripada kita berfokus kepada hal yang membuat kita sedih dan merasa gagal, lebih baik kita berusaha untuk mengupgrade versi yang lebih baik.

"Jika Anda gagal dan Anda berhasil tetap berada di sini, berikan diri Anda nilai tertinggi," kata Dr. Wang. Kita tidak hanya harus sukses memahami kesuksesan, tetapi kita juga harus sukses dalam memahami kegagalan. Mereka yang mau mengakui dan terjun ke dalam kegagalan adalah mereka memiliki potensi paling besar untuk bertumbuh lebih baik.