Perkenalkan, Alat Anti Kecanduan Gadget Karya Anak Bangsa

Tim Editor

    Nettox (Dok. Universitas Indonesia)

    Jakarta, era.id - Sekelompok mahasiswa dari Universitas Indonesia berhasil menciptakan alat yang bisa digunakan sebagai penangkal kecanduan gadget, bernama Nettox. Nettox adalah singkatan dari internet detox atau detoksifikasi daring, dimana para mahasiswa lintas jurusan ini butuh waktu tiga bulan untuk menyelesaikan Nettox.

    Salah satu mahasiswa inovator, Irfan bilang, inspirasi membuat alat ini berawal dari melihat perangkat wearable dengan sensor kesehatan yang kini semakin canggih, seperti Xiaomi Mi Band.

    "Wearable Nettox ingin membawa teknologi ini semakin jauh dengan menggunakan data dari sensor untuk mengindikasi apakah pengguna mengalami penurunan kesehatan akibat penggunaan internet berlebihan," katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (7/11/2019).

    Kedepan para mahasiswa ini sedang membuat purwarupa dari Nettox Watch. Di dalam penggunaan jam tangan pintar ini tentu akan berbeda pada masing-masing pengguna karena kami menambahkan fitur personalisasi berupa informasi kondisi fisik pengguna yang akan mempengaruhi bacaan variabilitas detak jantung, dan preferensi pengguna untuk menerima feedback seperti apa (visual, auditori, kinestetik) yang ingin diterima dari Nettox Watch.

    Diharapkan, kolaborasi mahasiswa lintas jurusan yang menghasilkan Nettox Watch ini dapat menjadi sebuah jam tangan pintar yang wearable yang cocok digunakan oleh para remaja generasi milenial dan juga membantu mereka untuk mengontrol penggunaan internet mereka.

    Pada Nettox terdapat sensor pengukur kandungan oksigen pada sel darah merah (hemoglobin oxygen levels) dan pengukur detak jantung (heart rate variability/ HRV). Nettox kemudian memperingatkan pengguna gadget jika kadar HRV dan kadar oksigen dalam darah merah turun, sehingga bisa segera meletakkan gadget mereka.

    Tag: chipset teknologi 7nm

    Bagikan :