Saat Yanto Basna 'Kerasukan' Maman Abdurrahman

Tim Editor

Rudolof Yanto Basna (Foxsport)

Jakarta, era.id - Bek Indonesia Rudolof Yanto Basna membuat blunder saat Timnas Indonesia kalah 0-2 dari Timnas Malaysia di ajang Kualifikasi Pialada Dunia 2022. Blunder yang dilakukannya mirip dengan blunder Maman Abdurrahman sekitar 9 tahun silam.

Bertandang ke Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, dalam matchday kelima Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022, Selasa (19/11/2019), Indonesia dua kali dibobol striker muda Malaysia, Safawi Rasid. Gol pertama lahir dari tendangan bebas yang canti. Sedangkan proses gol kedua Safawi tak lepas dari kesalahan clearence yang dilakukan bek Sukhothai FC itu.

Di menit ke-73, Safawi menjebol gawang Muhammad Ridho dengan sepakan kaki kiri dari sisi kiri gawang Indonesia. Ia melepaskan tendangan, usai merebut bola dari penguasaan Yanto Basna yang berniat mengamankan bola agar out di kotak penalti. Yanto Basna, yang berusaha menahan-nahan bola agar keluar lapangan, malah gagal menjaganya. Bolanya direbut Safawi dan kemudian berujung gol kedua Malaysia lewat sepakan kera kaki kirinya.
 
Twitter @Lamz_48

Sementara itu pelatih sementara timnas Indonesia, Yeyen Tumena, menilai anak asuhnya tak tampil buruk-buruk amat. Mereka menciptakan peluang namun gagal menjadi gol. Ia juga mengatakan gol Malaysia terjadi karena kesalahan Timnas. "Dua gol yang diciptakan oleh Malaysia adalah hadiah dari para pemain (timnas Indonesia)," ucap pelatih asal Manado, Sulawesi Utara, itu.

Indonesia cukup banyak mendapatkan peluang. Salah satunya lewat tendangan penalti Osas Saha yang berhasil ditangkap oleh kiper Malaysia, Mohd Fahrizal.

Di media sosial, banyak yang menyebut blunder Yanto Basna adalah deja vu dari blunder bek timnas, Maman Abdurrahman, di leg pertama final Piala AFF 2010. Ketika itu, pemain yang kini membela Persija Jakarta tersebut membuat kesalahan serupa.

Di Stadion Bukit Jalil, akhir tahun 2010, Maman membuat kesalahan saat menjaga Norsahrul Ildan Talaha. Bermaksud membiarkan bolanya out, Maman justru kurang sigap sehingga bolanya direbut oleh striker Malaysia. Norsahrul lantas mengopernya ke Safee Sali, dan menjadi gol pertama Malaysia. Skuat Garuda pun dibantai 3-0.

Pertandingan itu juga diwarnai dengan tuduhan pengaturan skor. Maman pun kena getahnya dan ikut dituduh terlibat pengaturan skor dengan iming-iming mobil mewah. Bek yang kini membela Persija Jakarta itu sudah membantahnya.

Tag: sepak bola indonesia

Bagikan: