Bonus SEA Games Tetap Mengalir ke Rekening Atlet

| 12 Dec 2019 17:48
Bonus SEA Games Tetap Mengalir ke Rekening Atlet
Sea Games 2019 (Ist)
Jakarta, era.id - Kontingen Indonesia gagal memenuhi target dua besar dalam SEA Games 2019 di Manila, Filipina. Meski begitu, Presiden Joko Widodo masih berbaik hati memberikan bonus bagi para atlet.

“SEA Games target saya masuk ke 2 besar. Tapi sekarang masuk ke 4 besar,” kata Presiden setelah meresmikan jalan tol layang Jakarta-Cikampek (Japek) di Km 38 wilayah Kabupaten Bekasi, Kamis (12/12/2019).

Tetapi, kata dia, perolehan medali emas yang didapat kontingen Indonesia melampaui target yang telah ditetapkan. Semula kontingen Indonesia ditargetkan bisa meraih medali emas sebanyak 45  keping kemudian Presiden meminta 60 medali.

“Tapi emasnya memang melampaui target yang sudah diberikan. Target pertama 45, saya enggak mau, 60 sudah terlampaui. Sekarang dapat 72 emas,” katanya.

Hal itu berarti ia menekankan bahwa para atlet peraih medali dalam ajang olahraga bergengsi se-Asia Tenggara itu akan tetap mendapatkan bonus.

“Artinya dapat bonus. Ya bonusnya berapa. Seingat saya emasnya Rp500 juta, Rp300 juta, Rp200 juta. Kalau enggak keliru,” kata Presiden.

Baca Juga: Keajaiban Atalanta si Nerrazzuri 'Ori'

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan saat ini tengah berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan terkait pemberian bonus kepada atlet Indonesia yang sudah berlaga pada SEA Games 2019 tersebut.

Menurut Zainudin, bonus yang akan diberikan kepada atlet berprestasi pada SEA Games 2019 akan lebih besar jika dibandingkan dengan apa yang diterima sebelumnya. Namun, dirinya masih belum merinci berapa besaran bonus yang akan diterima para atlet berprestasi tersebut.

"Besarannya tunggu besok, karena ini meleset dari target, perolehan medali lebih baik," ujar Zainudin seperti dikutip dari Antara.

Secara keseluruhan, Indonesia mengantongi 267 medali yang terbagi dari 72 medali emas, 84 medali perak, dan 111 medali perunggu. Tuan rumah Filipina menjadi juara umum dengan perolehan 149 medali emas, 117 medali perak, dan 121 medali perunggu.

Posisi Indonesia tersebut berada di bawah Vietnam pada posisi kedua dengan perolehan 98 medali emas, 85 medali perak, dan 105 medali perunggu. Sementara posisi ketiga ditempati Thailand dengan perolehan medali emas sebanyak 92 medali, 103 medali perak, dan 123 medali perunggu.

Rekomendasi