COVID-19 Bisa Dicegah Dengan PHBS

Tim Editor

Ilustrasi (Dok. Kemenkes)

Jakarta, era.id - Penyebaran COVID-19 kini sudah menjadi ancaman dunia, termasuk Indonesia. Hari ini dua warga negara Indonesia (WNI) positif terjangkit virus korona baru. Maka dari itu, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah mengimbau masyarakat untuk menerapkan PHBS.

Lantas apakah itu PHBS?

PHBS adalah singkatan dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. PHBS merupakan suatu program yang telah dibuat oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan. Tujuannya agar meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di seluruh Indonesia.

Perilaku ini adalah sebuah upaya agar orang-orang menjalankan pola hidup sehat dimulai dari diri sendiri, kelompok ataupun masyarakat luas. Program ini dibuat untuk memberikan kesadaran betapa pentingnya kesehatan dan menerapkan perilaku sehat dan bersih. 

Pemerintah telah menerapkan lima tatanan PHBS di antaranya rumah tangga, tempat kerja, sekolah, sarana kesehatan dan tempat umum. Rumah tangga menjadi titik penting, karena penyebaran virus bekerja dengan cepat pada tempat tersebut.

Selain itu, dengan terciptanya kondisi rumah yang bersih, tiap anggota keluarga akan mau ikut berpartisipasi mempraktikan PHBS. Sehingga akan terhindar dari serangan beberapa virus, termasuk COVID-19.

Dilansir dari situs Kemenkes, kunci sukses PHBS yang bisa kamu terapkan yakni mencuci tangan dengan sabun, menggunakan air bersih, mengonsumsi buah dan sayur, melakukan aktivitas fisik setiap hari ,membuang sampah pada tempatnya dan memberantas sarang nyamuk, konsumsi jajanan yang sehat, mencuci tangan, dan melakukan kerja bakti.

Penerapan prinsip pola hidup bersih dalam Gizi Seimbang menjadi sebuah pendukung untuk menjalankan program kesehatan lingkungan atau yang dikenal PHBS.

Dengan menerapkan pola makan dengan gizi seimbang, kamu bisa menerapkan prinsip dan kebiasaan hidup bersih, seperti: mencuci tangan dengan sabun baik sebelum maupun sesudah makan dengan air bersih dan sabun, menyajikan makanan dengan keadaan tertutup supaya tak dihinggapi serangga atau lalat, memasak dengan suhu yang tepat agar kuman mati, mencuci sayur dan buah sampai bersih, serta menjaga makanan yang tak tercemar logam berat.

Tag: covid-19 di indonesia

Bagikan: