Ingat! Masker Dipakai Cuma untuk Orang Sakit

| 02 Mar 2020 21:08
Ingat! Masker Dipakai Cuma untuk Orang Sakit
Menkes Terawan Agus Putranto (Antara)
Jakarta, era.id - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan pemakaian masker disarankan hanya bagi mereka yang sedang sakit. Jalau kalau kondisi tubuhnya sehat alias tidak sedang terserang penyakit, sebaiknya tidak perlu memakainya.

"Yang pakai masker itu yang sakit. Yang tidak sakit, yang sehat tidak perlu pakai masker," kata Menkes dalam konferensi pers di Kemenkes, Jakarta, Senin(2/3/2020).

Ia mengatakan anjuran itu didasarkan pada keputusan baik dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) maupun dari negara-negara maju dalam hal kesehatan. "Seluruh dunia sama keputusannya," katanya.

Anjuran memakai masker bagi orang yang sakit diperlukan agar penderita tidak menularkan penyakitnya kepada orang lain. Sedangkan pemakaian masker pada orang yang sehat dinilai tidak efektif.

"Kalau yang sehat perlindungannya jelas, kebersihan dan imunitas. Kalau teman dekatnya sakit jangan didekati. Itu sangat penting dalam pergaulan sehari-hari. Menjaga diri kita sehat menurut saya itu hal mutlak," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, stok masker ludes di apotek dan toko obat. Warga berbondong-bondong memborong masker untuk melindungi diri dari COVID-19.

 

Rekomendasi