Daftar Konser di Indonesia yang Terimbas COVID-19

| 03 Mar 2020 14:37
Daftar Konser di Indonesia yang Terimbas COVID-19
Lacuna Coil (IST)
Jakarta, era.id - Wabah COVID-19 membuat sejumlah acara musik di Tanah Air tertunda atau batal. Apalagi, Indonesia sudah masuk menjadi salah satu negara dengan penularan virus korona baru.

Sejumlah artis Kpop hingga mancanegara telah membatalkan penampilan mereka di Indonesia. Mulai dari AB6IX, Niki, Kim Jae Joong hingga Lacuna Coil yang membatalkan penampilannya di Hammersonic 2020. Berikut adalah sejumlah konser yang mengalami penundaan hingga pembatalan dari pihak artis maupun penyelenggara. 

1. Kim Jae Joong

Mantan personel TVXQ, Kim Jae Joong dijadwalkan tampil di Indonesia pada 7 Maret 2020. Agenda ini merupakan rangkaian konser Asia dari Jae dengan tajuk “2020 Kim Jae Joong Asia Tour Concert In Jakarta”. Penampilan Jae di Jakarta terpaksa ditunda lantaran wabah COVID-19 yang kian meluas ke belahan dunia, termasuk Indonesia. 

iMe Indonesia selaku promotor konser Jae pun memberikan pernyataannya pada Rabu (26/2/2020). Pihaknya menyatakan akan menunda konser Jae menjadi tanggal 2 Mei 2020. Mereka juga memberikan pilihan kepada pemegang tiket, terutama JaeFans untuk melakukan proses refund atau tetap memegang tiket yang akan berlaku untuk tanggal 2 Mei 2020. 

Proses refund akan diberikan batas waktu hingga 9 Maret 2020. Sementara penggemar yang mempertahankan tiketnya, akan diberikan informasi tempat duduk terbaru pada tanggal 11 Maret 2020. Pertunjukan Jae Joong ini juga akan dipindahkan, yang semula di Istora Senayan menjadi Tennis Indoor Senayan. 

2. Head in the Clouds

Festival musik yang diusung oleh 88 Rising, Head in the Clouds turut menunda pertunjukannya pada  7 Maret 2020. Sebelumnya, Chung Ha salah satu artis penampil juga membatalkan kedatangannya akibat dua staf yang mendampingi terpapar COVID-19. 

Penundaan ini disampaikan 88 Rising melalui twitter resminya. Dalam unggahannya, mereka menyampaikan rasa penyesalan akibat keputusan tersebut. 

“Untuk penggemar di Jakarta. Setelah pertimbangan yang panjang, dengan sangat menyesal kami harus menunda 'Head in the Clouds' Jakarta karena wabah virus korona,” tulis 88 Rising dari unggahan twitternya. 

Label yang menaungi Rich Brian hingga Joji ini sebelumnya menyampaikan peraturan dan pengecekan kesehatan sebelum acara berlangsung. Namun, sehari setelah berita tersebut diumumkan, pihak 88 Rising akhirnya menunda pertunjukan tersebut. 

Acara yang akan digelar di JIEXPO, Kemayoran ini turut menampilkan Joji, Rich Brian, Niki, DAY6, Chungha, Baek Yerin, Stephanie Poetri, hingga Phum Viphurit. 

3. AB6IX 

Boyband asuhan Brand New Music, BA6IX secara resmi menunda penampilan mereka di berbagai negara Asia, termasuk Indonesia. Grup yang beranggotakan Lee Daehwi, Jeon Woong, Kim Donghyun, Lim Young-min, dan Park Woojin ini dijadwalkan tampil di Indonesia pada 11 April 2020.

Pihak penyelenggara, iMe Indonesia pun menyampaikan berita penundaan tersebut melalui akun twitter resminya. Rangkaian tur konser AB6IX ini merupakan gelaran tur pertamanya sejak debut pada Mei 2019. 

Hingga kini, belum ada tanggal tetap untuk perubahan jadwal konser AB6IX yang bertajuk “AB6IX 1st World Tour <6IXENSE> in Jakarta”. Selain Indonesia, sejumlah negara seperti Bangkok, Taipei, Kuala Lumpur, hingga Macau pun juga mengalami penundaan yang sama. 

4. Lacuna Coil

Band metal asal Italia, Lacuna Coil membatalkan penampilan mereka di Hammersonic 2020, padahal mereka dijadwalkan tampil pada 28 Maret 2020. 

Berita pembatalan tersebut diumumkan langsung oleh pihak Lacuna Coil melalui akun instagram resminya. Dalam unggahannya mereka juga turut membatalkan sejumlah agenda di Dubai, Singapura, Bangkok, Sydney, hingga Tokyo. 

“Kami menyesal memberi tahu para penggemar kami di Asia Tenggara bahwa kami harus membatalkan pertunjukan di Dubai, Bangkok, Melbourne, Sydney, Tokyo, Osaka, Singapura, dan Jakarta," tulis Lacuna Coil. 

Pembatalan tersebut menurutnya akibat Italia menjadi salah satu negara dengan angka penularan virus SARS-COV-2 tertinggi. Mereka jauh lebih mementingkan kesehatan serta keselamatan semua orang. 

5. Ari Lennox

Musisi Ari Lennox juga membatalkan penampilannya di Indonesia. Ari seharusnya tampil di acara Java Jazz Music Festival yang berlangsung pada 28 Februari hingga 1 Maret 2020. Pembatalan ini juga dibenarkan oleh Dewi Gontha selaku pihak perwakilan Java Festival Production. 

“Memang betul ada artis yang batal dan langsung digantikan. Dengan kondisi seperti sekarang yang kita cek pertama, mereka akan batal apa tidak, itu yang kita pikirkan dulu,” kata Dewi seperti dikutip dari Antara

Java Jazz Festival merupakan salah satu acara musik Jazz terbesar di Indonesia. Acara ini turut dimeriahkan oleh penampilan sejumlah musisi mancanegara hingga Tanah Air, seperti Bruno Major, The Jacksons, Omar Apollo, Oslo Ibrahim, Yura Yunita, Saxx in The City, dan masih banyak lagi. 

Sebelumnya, sejumlah artis penampil sempat menanyakan keamanan dari Indonesia atas wabah COVID-19. Namun, Dewi juga menjelaskan saat itu Indonesia belum terkena dampak dan menganjurkan untuk menggunakan hand sanitizer hingga masker pelindung. 

6. Khalid

Pelantun lagu Young Dumb & Broke, Khalid dijadwalkan tampil dalam konser bertajuk “Khalid Free Spirit World Tour 2020” di Indonesia. Konser yang akan diselenggarakan di Istora Senayan pada 28 Maret 2020 ini terpaksa ditunda hingga waktu yang belum bisa dipastikan. 

 

Penundaan ini disampaikan oleh AEG Presents dan One Step Forward selaku promotor konser Khalid di Indonesia. Dalam pernyataannya, pihak promotor mengatakan masalah kesehatan menjadi salah satu alasan penundaan tersebut. 

“Kesehatan dan keamanan penggemar Khalid, timnya, dan semua orang yang bekerja untuk konser ini adalah prioritas utama kami. Tanggal baru akan segera diumumkan dalam waktu dekat,” kata perwakilan promotor. 

Sementara itu, untuk pergantian tanggal konser Khalid belum ditetapkan hingga saat ini. 

7. Ji Chang Wook

Aktor berbakat Ji Chang Wook telah menunda kegiatan fan meeting-nya bersama penggemar di Indonesia. Fan meeting bertajuk “Waiting For You” ini seharusnya diagendakan pada 14 Maret 2020. Namun, lantaran isu kesehatan Mecimapro selaku promotor melakukan penjadwalan ulang menjadi 19 September 2020. 

8. Lucas WayV

Salah satu personel WayV, Lucas seharusnya menggelar fan meeting bersama dengan salah satu brand kopi di Indonesia. 

Pihak penyelenggara terpaksa membatalkan agenda tersebut lantaran Lucas isu kesehatan. Fan meeting ini semula diagendakan pada 18 Februari 2020, dan mengalami penundaan hingga waktu yang belum ditentukan.  

9. Vlive Heart Beat

VLive Indonesia telah menyatakan penundaan konser yang diselenggarakan pada 15 Februari 2020 menjadi 11 April 2020. Sebelumnya, pihak penyelenggara telah menetapkan Golden Child hingga Sunmi sebagai salah satu artis penampil. 

Hal ini juga membuat Sunmi sedikit kecewa dan sedih batal bertemu dengan para penggemarnya di Indonesia. Sebelumnya, VLive Heart Beat juga pernah menyelenggarakan event serupa dengan mendatangkan Mamamoo hingga Monsta X.

 

Rekomendasi