Liga Indonesia Belum Terdampak COVID-19

Tim Editor

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (Dok. PSSI)

Jakarta, era.id - Liga 1 Indonesia akan tetap berjalan sesuai rencana dan belum terdampak COVID-19. Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan hingga saat ini belum ada arahan dari pemerintah liga berjalan tanpa penonton.

“Kita belum ada imbauan ke sana. Untuk Persija menjamu Persebaya kemarin pun sebenarnya kita berharap ada perwakilan suporter Persebaya hadir, berapapun yang mungkin hadir,” katanya di Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Untuk pekan ketiga Liga 1 akhir pekan ini, Iriawan menggarisbawahi, selama pemerintah belum mengeluarkan imbauan, maka liga tetap berjalan seperti biasa.

“Kami berharap Bhayangkara FC melawan Persija Sabtu nanti di Stadion PTIK tetap berjalan normal. Tapi seandainya tidak, kita akan komunikasikan dengan Direktur LIB apakah misalnya harus berjalan tanpa penonton seperti PSM melawan Kaya FC Filipina di Stadion Madya sore ini,” ungkapnya.

Prinsipnya, Iriawan menyatakan, sebaiknya jadwal pertandingan tidak berubah, karena sekali sebuah jadwal liga bergeser, imbasnya akan panjang berdampak pada banyak hal.

“Sangat disayangkan jika Liga 1 yang sudah berjalan tepat waktu, disiapkan secara sistematis, koordinasi dengan keamanan berjalan dengan baik kemudian harus mengalami penundaan,” paparnya. 

Iriawan menekankan, Liga 1 musim ini sudah dirancang selesai pada 31 Oktober 2020, sehingga timnas memiliki waktu cukup untuk menjalankan pemusatan latihan menjelang pelaksanaan Piala AFF pada November-Desember mendatang.

“Kami ingin mencari jalan yang terbaik untuk jalannya liga ini dapat berlangsung tepat waktu,” katanya.

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali menyatakan, patokan keputusan menggelar aktivitas olahraga diambil berdasarkan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan.

“Selanjutnya, keputusan diserahkan kepada cabang olahraga masing-masing. Tentu caborlah yang tahu kondisi di lapangan. Kita tak bisa melarang-larang. Apalagi liga sepakbola ini kan antusiasme dari masyarakat sangat luar biasa. Sejauh ini belum ada kebijakan untuk menggelar pertandingan tanpa penonton,” kata Zainudin Amali.

Selain Liga 1 yang sudah menggelar 17 pertandingan, Liga 2 rencananya dibuka pada Sabtu 14 Maret 2020 dengan pertandingan pembuka dihelat di Stadion Batakan, Balikpapan mempertemukan tuan rumah Persiba menjamu Kalteng Putra Palangkaraya.

Tag: liga 1

Bagikan: