Tingkatkan Kekebalan Tubuh Lewat Cara Ini

| 11 Mar 2020 17:12
Tingkatkan Kekebalan Tubuh Lewat Cara Ini
Ilustrasi (Gerd Altmann dari Pixabay)
Jakarta, era.id - Semakin hari penyebaran virus korona semakin meluas ke banyak negara. Banyak masyarakat yang mati-matian mencari cara untuk terbebas dari COVID-19. 

Sejak kemunculannya di Wuhan, Cina pada akhir Desember 2019. Dilaporkan lebih dari 110.000 kasus virus telah menyebar di seluruh dunia dan kehilangan 4000 nyawa.

Meskipun saat ini tidak ada pengobatan mujarab untuk virus korona, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan setiap orang untuk melawan virus.

Sistem kekebalan tubuh dapat membantu melawan patogen penyakit. Dilansir dari The Sun, Rabu (11/3/2020), berikut beberapa cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh supaya terhindar dari virus korona:

1. Mengurangi Stres

Menurut para ahli, stres dapat menekan sistem kekebalan tubuh dan membuat kamu lebih rentan terkena virus. Penelitian mengungkapkan bahwa stres dapat menyebabkan pelepasan hormon kortisol yang dapat meningkatkan peradangan, hingga mendatangkan beberapa penyakit di tubuhmu.

"Stres adalah salah satu kontributor utama pada sistem kekebalan tubuh yang tidak seimbang dan rentan terhadap infeksi." ujar Dr Jenna Macciochi yakni salah satu ahli imunologi terkemuka di Inggris, mengatakan kalau mengurangi stres itu penting. Setidaknya ambil waktu sejenak untuk bernapas atau bersantai sambil minum teh.

2. Mengonsumsi Banyak Buah dan Sayuran

Mengonsumsi banyak buah dan sayuran setiap hari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu.

"Buah-buahan dan sayuran membantu mempersenjatai tubuhmu dengan antioksidan yang dibutuhkan untuk melawan stres oksidatif yang meliputi tertular penyakit di dalam tubuhmu" ujar Beth Warren, R.D selaku pendiri Beth Warren Nutrition dan penulis Rahasia Gadis Kosher.

Sayuran seperti ubi, labu madu, dan bit, kaya akan beta-karoten dan dikonversi tubuh menjadi vitamin A. Seseorang membutuhkan vitamin A untuk menjaga lapisan mukosa di hidung dan paru-paru. Hal ini cukup terbukti untuk melawan infeksi paru.

3. Tidur Berkualitas

Virus akan bekerja menjadi lebih cepat jika kamu kurang istirahat. Maka dari itu, mendapatkan tidur berkualitas merupakan cara terbaik agar terhindar dari COVID-19.

4. Cuci Tangan Secara Teratur

Dokter kesehatan mengatakan cara terbaik melindungi diri adalah dengan mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik. Bahkan sekarang, ada website washyourlyrics.com yang mencocokkan waktu cuci tangan 20 detik menggunakan lagu yang diinginkan. Langkah ini penting untuk diterapkan agar tangan bersih secara menyeluruh.

5. Rajin Berolahraga

Agar tetap berstamina, sebaiknya pastikan untuk berolahraga secara teratur.

"Olahraga teratur adalah cara yang bagus untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, dan ini mungkin disebabkan oleh berbagai mekanisme berbeda," ujar ahli nutrisi senior, Frankie Brogan. Dia juga menambahkan bahwa olahraga juga dapat mendukung sirkulasi yang baik untuk membuat sel-sel kekebalan tubuh berjalan ke seluruh organ tubuh secara lebih efektif.

6. Konsumsi Vitamin D

Vitamin D sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin D dipercaya dapat membantu merangsang produksi peptida. Zat dalam tubuh mampu melawan bakteri, jamur, dan virus.

"Sumber makanan vitamin D termasuk telur dan ikan berlemak yaitu sulit untuk mendapatkan kadar yang disarankan dari makanan saja, sehingga banyak orang memilih untuk mengambil suplemen vitamin D," ucap Brogan.

Dengan melakukan enam langkah di atas, sistem kekebalan tubuh diharapkan dapat bekerja lebih baik untuk menangkal virus yang berbahaya bagi tubuh.