Penderita COVID-19 Bisa Sembuh Sendiri Asal Imunnya Bagus

| 18 Mar 2020 10:40
Penderita COVID-19 Bisa Sembuh Sendiri Asal Imunnya Bagus
Ilustrasi (BNPB)
Jakarta, era.id - Pemerintah terus meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan penyebaran COVID-19 tetapi jangan panik. 

Menurut Tim Pakar Gugas Penanganan Covid Memahami Risiko Korona, Prof Wiku Adisasmito penyakit COVID-19 bisa sembuh asal seseorang punya daya tahan tubuh yang bagus. "Virus ini self-limiting disease, bisa sembuh sendiri selama daya tahan tubuh manusia memadai untuk itu," kata Wiku dalam siaran langsung yang disiarkan akun resmi YouTube BNPB, Rabu (18/3/2020).

Tapi, meski begitu virus korona baru ini cepat menyebar lewat cairan pernapasan droplet yang hinggap di suatu permukaaan baik kulit maupun benda. Untuk itu, menurut Wiku perlu diluruskan etika batuk dan bersin yang selama ini kurang tepat.

Selama ini, orang jika batuk atau bersin hanya menutupnya dengan telapak tangan. Padahal seharusnya ditutup menggunakan bagian dalam siku.

"Ketika batuk itu reaksi umum publik adalah menggunakan telapak tangan yang ditutup dan ini adalah praktik batuk yang kurang tepat. Jadi saudara-saudara sekalian, kalau batuk mungkin sekarang harus mulai berlatih dengan cara batuk yang berbeda yaitu dengan menggunakan lengan, jadi tidak menyebar," imbuhnya.

Dokter berusia 56 tahun ini juga menyampaikan pesan dari pemerintah yang selama ini terus diulang dan sangat diharapkan untuk ditaati warga.

"Yaitu jaga jarak, dilarang jabat tangan, cuci tangan, hindari kerumuman, dan pakai masker di tempat ramai," ucapnya.

 

Rekomendasi