Angin Segar untuk Startup Indonesia

| 02 Feb 2018 16:53
Angin Segar untuk Startup Indonesia
Ilustrasi: Pixabay
Jakarta, era.id - Komitmen kerja sama dalam bidang ekonomi digital terjalin antara Indonesia dan Australia. Lewat Indonesia-Australia Digital Forum (IADF), kedua pemerintah bersimbiosis, membangun industri digital di masing-masing negara.

Lewat IADF, Indonesia maupun Australia mencoba meningkatkan peluang dan memperluas cakupan kerja sama. Bukan hanya antar pemerintah, tapi juga melibatkan pihak swasta dari masing-masing negara yang berkutat di sektor industri digital.

Sesuai dengan tema yang diusung, yakni "Share, Engage, Connect, Collaborate", dua negara berharap dapat berbagi, bertukar dan terkoneksi serta saling meningkatkan partisipasi antar pemangku kepentingan di dua negara dalam upaya membangun industri digital.

Penyelenggaraan forum yang berlangsung dua hari sejak 31 Januari-1 Februari ini nampaknya melahirkan begitu banyak kerja sama, sampai-sampai kedua negara sepakat untuk membawa forum ini ke sesi kedua yang rencananya akan segera diselenggarakan dalam dua atau tiga bulan mendatang.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengungkapkan, forum ini merupakan bagian dari Program Indonesia Unicorn, di mana para pemodal potensial Australia akan dihadirkan dan dipertemukan dengan perusahaan-perusahaan startup Indonesia yang telah diinkubasi.

"Saya pastikan sebelum akhir tahun ini akan ada peningkatan signifikan antara Indonesia dan Australia di bidang digital space,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dalam siaran persnya, Kamis (1/2/2018).

Terdengar sangat baik bagi seluruh perusahaan startup di negeri tercinta. Sebab, kerja sama ini diproyeksikan untuk mendatangkan para pemodal dari Australia. “Kita belum lihat ada investor-investor dari Australia, padahal Australia sangat dekat,” ujar Rudiantara.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pelayanan Sosial dan Menteri Pembantu Perdana Menteri Bidang Transformasi Digital Australia, Michael Keenan MP menyampaikan keyakinan kerja sama ini dapat membangun perekonomian dan memperluas lapangan kerja di Indonesia.

Keenan menyebut Indonesia sebagai negara yang memiliki begitu banyak potensi ekonomi. Kepala manusia-manusia Indonesia, bagi Australia merupakan tambang ide dan inovasi. Bahkan, di kalangan pengusaha kecil, yang menurut mereka kerap menciptakan ide dan inovasi menarik.

“Kita harus memanfaatkan inovasi yang muncul dalam sektor usaha kecil, sekaligus mempermudah para pengusaha kecil tersebut untuk bekerja sama dengan pemerintah," kata Keenan.

"Dengan begitu, ekonomi dan lapangan pekerjaan akan meningkat sekaligus memberi ide baru sekaligus solusi kepada pemerintah,” tambahnya.

Tags :
Rekomendasi