Aplikasi PeduliLindungi, TraceTogether Versi Indonesia

| 30 Mar 2020 13:53
Aplikasi PeduliLindungi, TraceTogether Versi Indonesia
Peduli Lindungi (era.id)
Jakarta, era.id - Aplikasi yang diinisiasi oleh pemerintah untuk melacak penyebaran virus korona, PeduliLindungi, telah tersedia dan dapat diunduh di Play Store untuk pengguna Android dan App Store di iOs.

“Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan,” tulis penjelasan di kolom 'Tentang Aplikasi'.

Aplikasi tersebut hanya berukuran memori 6,69MB, terahir kali dilakukan pembaruan pada 27 Maret, dan telah diunduh lebih dari 700 kali.

Setelah mengunduh aplikasi PeduliLindungi, kamu akan diarahkan untuk menjadi partisipan. Selanjutnya, untuk menjadi partisipan, Anda harus mengisi nama lengkap dan mendaftarkan nomor ponsel yang Anda gunakan.

Setelah itu, menjaga keamanan, kamu akan mendapatkan kode OTP melalui SMS. Kemudian, PeduliLindungi akan meminta persetujuan kamu untuk mengambil data nomor ponsel agar dapat segera menghubungi kamu jika ditemukan adanya riwayat kontak dengan seseorang yang terinfeksi virus korona.

Terakhir, PeduliLindungi meminta izin untuk mengakses bluetooth. Dan pengaturan akun telah selesai, kamu telah berpartisipasi dalam menghentikan penyebaran virus korona.

Aplikasi ini memang mirip dengan TraceTogether milik Singapura. Kelemahannya, pastikan bluetooth kamu selalu aktif, dan pastikan PeduliLindungi aktif saat kamu berada di tempat umum.

Cara kerja aplikasi

Aplikasi PeduliLindungi menggunakan bluetooth kamu untuk merekam informasi yang dibutuhkan. Pertukaran data akan terjadi ketika ada gawai lain dalam radius bluetooth yang juga terdaftar di PeduliLindungi.

PeduliLindungi selanjutnya akan mengidentifikasi orang-orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif COVID-19 atau Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pengawasan (ODP). Hal ini akan membantu ketika orang tersebut tidak dapat mengingat riwayat perjalanan dan dengan siapa saja dia melakukan kontak.

Kamu akan dihubungi oleh petugas kesehatan jika pernah pernah berada dalam jarak tertentu dengan penderita COVID-19 positif, PDP dan ODP.

PeduliLindungi didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Kesehatan, Kementerian BUMN dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

 

Rekomendasi