Gelisah karena Korona? Bisa Konsultasi Psikologi Gratis

Tim Editor

    Sedang memuat podcast...

    Pusat Inovasi Psikologi Unpad (Dok. Unpad)

    Bandung, era.id - Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia mengakibatkan aktivitas warga monoton. Banyak aktivitas rutin sehari-hari yang harus disesuaikan, bahkan dihentikan sementara waktu akibat kebijakan untuk tinggal di rumah dan bekerja secara jarak jauh. 

    Bagi yang terbiasa beraktivitas di luar rumah, kondisi ini dapat menimbulkan ketidakseimbangan psikologis. Terlebih lagi dengan adanya banyak kabar buruk dan rumor yang serba tidak pasti kebenarannya, mengakibatkan kegalauan dan kegelisahan semakin mengganggu, berujung kepada keputusasaan dan stres.

    Stres merupakan gejala kejiwaan yang memerlukan penanganan segera, sehingga tidak berakhir pada kondisi yang lebih parah, bahkan melebihi masalah akibat virus korona itu sendiri. Orang dengan masalah kejiwaan ini perlu pendampingan dan bimbingan oleh ahli.

    Universitas Padjadjaran (Unpad) menyiapkan program penanganan psikologis di tengah pandemi. Program layanan ini bukan saja diperuntukkan untuk warga Unpad, namun lebih luas lagi, yakni untuk seluruh masyarakat.

    Layanan konsultasi psikologi Unpad berupa daring (online) lewat aplikasi Google Hangout. Layanan ini gratis. “Layanan ini diharapkan dapat dengan segera mencapai masyarakat yang membutuhkan pembimbingan psikologis secepat mungkin tanpa keharusan mereka untuk meninggalkan rumah,“ kata Kepala Kantor Komunikasi Publik Unpad, Dandi Supriadi, melalui keterangan resminya, Selasa (14/4/2020).

    Penanganan psikologis daring tanpa pungutan biaya ini dilakukan melalui sebuah lembaga di bawah Fakultas Psikologi, yaitu Pusat Inovasi Psikologi (PIP) Unpad. PIP merupakan layanan konsultasi psikologi yang dikelola oleh akademisi dari Fakultas Psikologi Unpad. Berbeda dengan layanan Pusat Konseling Universitas Padjadjaran (PKUP) yang didirikan untuk melayani khusus civitas akedemika Unpad, PIP merupakan pelayanan konsultasi psikologi untuk masyarakat umum. 

    Pelayanan konsultasi daring ini dilakukan melalui layanan percakapan (chat) dengan psikolog dalam aplikasi Google Hangout. Aplikasi ini pada umumnya sudah tersedia dalam telpon pintar berbasis Android. 

    “Bila masyarakat tidak memilikinya, aplikasi ini dengan mudah dapat diunduh tanpa dipungut bayaran. Masyarakat yang membutuhkan layanan ini dapat mendaftarkan diri dan menentukan jadwal dengan cara mengirimkan alamat email ke admin di klinik,“ terang Dandi. 

    Pendaftaran dapat dilakukan setiap hari antara pukul 08.30 hingga 16.00 WIB. Setelah mendapatkan jadwal konsultasi, para calon klien akan diminta membaca dan mengisi formulir yang dikirimkan melalui email. Selanjutnya, para klien dapat melakukan konsultasi sesuai jadwal dari rumah masing-masing. Jadwal konsultasi tersedia setiap hari antara pukul 09.00 hingga 15.30 WIB.

    Informasi tentang prosedur dan pendaftaran lebih lanjut dapat ditanyakan melalui layanan percakapan WA di 0811 207 4388, atau di www.pipunpad.id.

    Tag: covid-19 di indonesia

    Bagikan :