Istana Naga Sakti Klenteng Xian Ma

Tim Editor

Sedang memuat podcast...

Istana Naga Sakti Klenteng Xian Ma. (Leo/era.id)

Bantaeng, era.id - Mengunjungi Makassar, Sulawesi Selatan, tak lengkap rasanya jika belum menengok indahnya Pantai Losari. Tak hanya keindahan alamnya yang menarik, Makassar juga punya tempat wisata religi yang layak untuk masuk daftar destinasi.

Salah satunya Istana Naga Sakti Klenteng Xian Ma yang terletak di Jalan Sulawesi Nomor 112, Kabupaten Bantaeng, Makassar. Selain menjadi tempat ibadah umat Budha, klenteng ini juga menjadi salah satu tujuan wisata religi di kota Angin Mamiri tersebut.

Tim era.id berkesempatan mengunjungi Klenteng Xian Ma, pada Selasa (6/2/2018). Aroma hio bergitu terasa saat memasuki Klenteng. Dominasi warna merah, dengan ornamen khas negeri Tirai Bambu begitu menyatu dengan kekhusyukan ibadah umat Budha sore itu.

Klenteng yang berdiri sejak 1864 ini juga sering disebut dengan klenteng penangkap dewa, karena banyak koleksi patung-patung dewa di dalamnya. Di bagian depan klenteng terdapat simbol swastika dan yinyang dilukiskan di dinding lantai atas. Keduanya berdiri untuk Buddhisme dan Taoisme.

Kemudian di pintu masuknya terdapat patung Buddha dari Maitreya berdiri kokoh. Koleksi klenteng ini disebut salah satu yang terlengkap. Pengunjung bisa menemukan patung Amitabha, Guanyin dan Samantabhadra.

Setiap harinya klenteng yang memiliki lima lantai itu selalu ramai dikunjungi, baik untuk ibadah maupun sekadar berwisata ke klenteng. Pengunjung pun tak dipungut biaya untuk masuk.

Bagikan: