Langkah Strategis 3 Departement Store Hadapi New Normal

| 17 Jun 2020 14:40
Langkah Strategis 3 Departement Store Hadapi New Normal
Ilustrasi suasana departement store (Unsplash/Alexander Kovacs)
Jakarta, era.id - Beroperasinya kembali mal pada Senin (15/6/2020), diharapkan dapat mendongkrak perekonomian yang sempat lesu. Dengan dibukanya mal maka departement store yang ada di dalamnya juga kembali berperasi. 

Untuk tetap menjaga penyebaran virus korona saat menjalani new normal, beberapa departement store telah menerapkan protokol kesehatan. Berikut langkah-langkah yang dilakukan 3 depatement store dalam menghadapi new normal.

1. Galeries Lafayette

Beroperasinya Galeries Lafayette ini, tentunya sudah sesuai dengan standard protokol COVID-19 atau yang dikeluarkan oleh pemerintah. Karena Galeries Lafayette sudah mempersiapkan panduan berbelanja khusus menyambut era “New Normal”, seperti selalu melakukan pengecekan suhu

tubuh bagi seluruh pekerja dan pengunjung, melakukan pembersihan atau disinfektan secara berkala, kewajiban dalam menggunakan masker, serta tetap menjaga jarak atau physical distancing selama melakukan pembelanjaan.

"Galeries Lafayette juga menetapkan standar baru dalam melayani konsumen yang selalu menjaga kesehatan, dan kebersihan seperti melakukan sterilisasi alat transaksi pembayaran, yaitu mesin EDC setiap setelah digunakan, serta meminimalisir kontak langsung pada saat pembayaran," ungkap Arnolda Ratnawati Sidarta, selaku Marketing Director PT Panen Lestari Indonesia dalam keterangan pers yang diterima Era.id.

2. Seibu

Dalam mengedepankan kesehatan, keselamatan serta kebersihan bagi para pengunjung, Seibu sudah melakukan persiapan yang matang, dalam menyambut kembalinya operasional gerai, mulai dari melakukan sterilisasi seluruh ruangan secara rutin dan teratur, memberlakukan physical distancing atau tetap menjaga jarak bagi para pengunjung yang akan melakukan pembelian, baik dengan trained store assistant maupun saat ingin melakukan pembayaran di cashier.

Selain itu juga memperhatikan kebersihan dan kesehatan mulai dari para karyawan hingga para pengunjung, sepertimewajibkan seluruh karyawan untuk memakai perlindungan seperti masker, telah mempersiapkan dan akan selalu melakukan pengecekan suhu tubuh karyawan di pintu masuk dan meletakkan hand sanitizer di beberapa titik di dalam gerai. Menerapkan tanda jarak di beberapa lokasi, seperti lift, antrian cashier, maupun tempat padat pekerja lainnya.

Pembayaran yang dilakukan juga akan meminimalkan kontak secara langsung, dengan alat pembayaran yang akan dibersihkan secara berkala.

Dengan demikian akan memberikan keamanan dan keselamatan baik tidak hanya dari sisi karyawan, namun juga dari sisi konsumen.

3. Sogo

Sejak awal Juni, Soo telah melakukan sterilisasi secara menyeluruh dan teratur menggunakan metode pembersihan yang baik di seluruh area store yang tersebar di 19 gerai di seluruh Indonesia. Selain itu juga taat mengikuti aturan pemerintah, dengan protokol “New Normal”. Tujuannya untuk para customer agar aman dan nyaman berbelanja. Sehingga, pada saat pemerintah akan membuka tempat-tempat perbelanjaan secara berkala di setiap bulannya, department tore sudah siap melayani dengan standard protokol COVID-19 yang telah dikeluarkan secara resmi.

Hal pertama yang diperhatikan dalam pembukaan kembali store adalah dari sisi internal ialah seperti kebersihan dan kesehatan dari karyawan  sesuai standar yang siap melayani kembali para pelanggan setia. Selain itu, mewajibkan setiap karyawan untuk menggunakan masker dalam melayani. Jika sisi internal tersebut sudah maksimal.

Untuk kesehatan customer dimulai dari menyediakan alat pengukur suhu tubuh serta pengecekan suhu badan setiap hari, dan hand sanitizer di setiap pintu masuk. Mengatur jarak antar customer sampai hal – hal terkecil seperti kebersihan alat – alat transaksi, Pos Register, dan mesin EDC.  Tidak hanya itu, akan diterapkan juga jarak antar pengunjung seperti di batas antrian kasir yang memperhatikan prinsip physical distancing, serta perlindungan tambahan, seperti papan acrylic dan meminimalisir kontak langsung pada saat melakukan transaksi pembayaran. 

Tags : new normal
Rekomendasi