Kunci Pencegahan COVID-19 pada Anak yang Harus Diketahui Orang Tua

Tim Editor

Ilustrasi pencegahan COVID-19 pada anak (Unpslash/@davidveksler)

Jakarta, era.id - Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan, dr. Riskiyana Sukandhi Putra menyampaikan, pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) diajarkan pada anak, juga dikuatkan pandangan. 

Penerapan PHBS dinilai sebagai kunci keberhasilan upaya pencegahan dan pengendalian virus Covid-19 agar individu, keluarga dan masyarakat tidak tertular di masa new normal.

New normal itu kondisi dimana masyarakat dapat melakukan kegiatan sehari-hari dengan melakukan adaptasi untuk dapat hidup berdampingan dengan COVID-19 karena sejatinya virus ini tidak hilang," ujar dr. Riskiyana Sukandhi dalam Webinar yang diselenggarakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA). 

Ia menambahkan, peraturan baru, gaya hidup baru, kebiasaan baru harus dibarengi dengan perilaku hidup bersih dan sehat yang menjadi kunci memutus rantai penyebaran virus,

Hal senada juga dituturkan oleh Ketua Bidang 5 Indonesia Hijau OASE Kabinet Indonesia Maju Ayun Sri Harahap Syahrul Yasin Limpo, yang menekankan pentingnya peran orangtua dan keluarga dalam meningkatkan kesiapan anak dalam menghadapi new normal. 

Dalam menjaga kesehatan anak di era new normal yang perlu diperhatikan adalah menjaga asupan gizi yang baik bagi anak. Gizi yang baik pada anak akan meningkatkan kondisi dan ketahanan tubuh anak.

"Komunikasi yang baik di era new normal ini juga sangat dibutuhkan, karena keluarga berperan dalam memberikan edukasi terkait protokol kesehatan dan gambaran situasi new normal pada anak,” tambah Ayun.

Tag: pertumbuhan ekonomi tumbuh kembang anak

Bagikan: