Pebulu Tangkis Lin Dan Resmi Pensiun

Tim Editor

Lin Dan (Tang Shi Photography)

Jakarta, era.id - Pebulutangkis senior China, Lin Dan, mengumumkan pensiun setelah 20 tahun memberikan seluruh kekuatannya dalam laga tepok bulu.

"Dari 2000 hingga 2020, setelah 20 tahun, saya harus mengucapkan selamat tinggal kepada tim nasional. Ini sangat sulit diungkapkan dengan kata-kata," kata Lin Dan dikutip dari akun media sosial Weibo, Sabtu (4/7).

Dilansir dari Xinhua, Atlet 36 tahun ini telah mengajukan permohonan pensiun beberapa hari lalu dan tim nasional Cina juga menyetujui permohonannya.

Selama berkarier dalam badminton, Lin Dan sering menempati peringkat nomor satu dunia serta mengoleksi gelar bergengsi seperti medali emas Olimpiade 2008 dan 2012.

Bahkan, ia menjadi lawan berat Taufik Hidayat, pebulutangkis senior Indonesia di berbagai kompetisi.

Di turnamen beregu pun, Lin Dan diandalkan China untukmenyabet Piala Thomas dan Piala Sudirman.

"Tak sekadar mengejar peringkat seperti yang saya lakukan ketika masih muda, dalam tahun-tahun ini, saya ingin menantang batasan fisik atlet tua dan melatih semangat olahraga yang tidak akan pernah saya lepaskan."

"[Tetapi] kemampuan fisik dan rasa sakit tidak memungkinkan saya bertarung bersama rekan satu tim," tukas Lin Dan di Weibo.

Tag: bulu tangkis

Bagikan: