Waspada Penyebab dan Gejala Diabetes, Penyebab Kematian Omas

| 17 Jul 2020 13:30
Waspada Penyebab dan Gejala Diabetes, Penyebab Kematian Omas
Omas (Foto: Instagram/@omaswatireal)
Jakarta, era.id - Komedian asal Betawi, Omaswati atau yang sering disapa Omas meninggal dunia di usia 54 tahun pada Kamis (16/7/2020) malam. Mendiang meninggal dunia akibat penyakit diabetes.

Dikutip dari Halodoc, Jumat (17/7), diabetes adalah penyakit kronis atau yang berlangsung jangka panjang yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah (glukosa) hingga di atas nilai normal. Ada dua jenis utama diabetes, yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Diabetes tipe 1, gangguan ini disebabkan karena pankreas tidak bisa memproduksi hormon tertentu. Sementara, diabetes tipe 2, masalah kesehatan satu ini terjadi akibat tubuh tidak efektif menggunakan hormon tertentu atau kekurangan hormon tertentu yang relatif dibandingkan kadar glukosa darah.

Penyebab diabetes

Diabetes disebabkan adanya gangguan dalam tubuh, sehingga tubuh tak mampu menggunakan glukosa darah ke dalam sel. Nantinya, glukosa akan menumpuk dalam darah. 

Pada diabetes tipe 1, gangguan ini disebabkan pankreas tidak bisa memproduksi hormon tertentu. Sementara pada diabetes tipe 2, gangguan ini terjadi akibat tubuh tidak efektif menggunakan hormon tertentu atau kekurangan hormon tertentu yang relatif ketimbang kadar glukosa darah. Kadar glukosa tinggi ini bisa merusak pembuluh darah kecil di ginjal, jantung, mata, dan sistem saraf, sehingga menimbulkan berbagai macam komplikasi.

Gejala diabetes

Beberapa gejala diabetes tipe 1 dan tipe 2, yakni:

1. Sering merasa haus,

2. Frekuensi buang air kecil meningkat, terutama pada malam hari,

3. Dilanda rasa lapar yang terus-menerus,

4. Berat badan turun tanpa sebab yang jelas,

5. Rasa lemas dan mudah lelah,

6. Pandangan jadi kabur.

7. Luka yang lama sembuh.

8. Sering mengalami infeksi pada kulit, saluran kemih, gusi, atau vagina.

Tags : diabetes
Rekomendasi