Sensasi Baru Nikmati Konser Musik

| 13 Feb 2018 15:16
Sensasi Baru Nikmati Konser Musik
Bonita & The Hus Band (Petrus Briyanto Adi)
Jakarta, era.di - Pertunjukan musik sederhana dalam format home concert (musik di rumah) mulai banyak kita temui di konten digital dalam medium YouTube. Sebelum di Indonesia, musisi di luar negeri sudah memulainya lebih dulu. Peraih Grammy Awards 2016 dan 2018, Ed Sheeran adalah salah satu dari banyak artis mancanegara yang pernah tampil dalam pertunjukan musik 'rumahan' ini.

Di Indonesia, ajang ini dijadikan sebuah helatan festival yang diinisiasi personel Bonita & The Hus Band (BNTHB), Petrus Briyanto atau yang lebih akrab disapa Adoy. Rencananya, festival yang bersifat partisipatif dan non profit ini berlangsung dalam kurun waktu bersamaan di beberapa rumah lintas geografis; antarkota, desa, provinsi, pulau, bahkan juga antarnegara berdasarkan kesukarelaan, kesukacitaan, dan kesediaan untuk turut dalam event ini.

Selain di Indonesia, beberapa rumah di negara lain pun direncanakan ambil bagian dalam perhelatan festival ini pada Agustus 2018.

“Misi Festival Musik Rumah adalah mempererat persaudaraan dan kebersamaan anak nusantara antarkeluarga, lintas daerah, pulau, dan negara melalui musik. Festival Musik Rumah (yang pertama) akan dilangsungkan pada 17, 18, 19 Agustus 2018 sebagai bentuk syukur atas 73 tahun kemerdekaan NKRI,” jelas Adoy kepada era.id.

“Secara umum, home concert bersifat tertutup. Utamanya dikarenakan rumah berlingkup personal dan keluarga sehingga yang bisa datang adalah yang diperkenankan oleh tuan rumahnya. Juga karena rumah relatif memiliki keterbatasan ruang untuk jumlah hadirin. Biasanya hadirin home concert adalah keluarga, kerabat, teman dekat, tetangga, dan atau undangan. Namun tidak tertutup kemungkinan untuk bisa dihadiri oleh umum, tergantung kesediaan tuan rumah,” lanjutnya.

Hal ini menyiratkan persiapan dan pelaksanaan home concert yang disesuaikan dengan kondisi rumah, keluarga baik fisik maupun non fisik, seperti kapasitas penonton, alat bantu yang tersedia (tempat duduk, tikar, dll), akomodasi dan logistik, perlengkapan tata suara, juga peraturan-peraturan atau kebiasaan-kebiasaan yang sudah menjadi adat atau nilai dari rumah-keluarga tertentu.

Pada saat berlangsungnya Festival Musik Rumah nanti, sambung Aduy, kita bisa menyaksikan seluruh home concert yang berlangsung baik secara langsung maupun dokumentasinya melalui kanal-kanal online

“Bayangkan serunya bisa melihat, pun dari layar komputer/smartphone, kalau kita terkoneksi dengan keluarga-keluarga lain di manapun mereka berada, lewat musik, sembari syukuran tujuh belasan”, kata Adoy menggambarkan bagaimana suasana yang diharapkan terjadi di hari pelaksanaan event nanti.

Sampai saat ini, musisi yang akan terlibat dalam Festival Musik Rumah adalah Bonita & Adoy, Celticroom Bali, Curly & Me, Denny Dumbo, Dima Miranda, Endah Laras, Familia Home Concert, Gabriel Mayo, Imada Hutagalung, Jason Ranti, Jubing Kristianto, Junior Soemantri, Kartika Jahja, Komunitas Teras Musik Jepara, MaryJane, Nissan Fortz, Nonaria, Rull Darwis, dan Zio. Jumlah ini diperkirakan akan bertambah seiring waktu persiapan menuju Festival Musik Rumah 2018.

Menjelang digelarnya acara puncak Festival Musik Rumah, Bonita dan Adoy sudah menjadwalkan rangkaian event di beberapa rumah dan daerah di area Jabodetabek, Bandung, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur selama bulan Februari sampai April 2018.

 

Tags : album musik
Rekomendasi