Mengenal Lebih Jauh Olahraga Gulat

| 23 Feb 2018 08:42
Mengenal Lebih Jauh Olahraga Gulat
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Menyadari persaingan yang sangat ketat, cabang olahraga gulat hanya menargetkan satu medali emas di ajang Asian Games 2018 yang dihelat di Jakarta dan Palembang, Agustus mendatang. Pesaing terberat pada gelaran kali ini masih berasal dari negara-negara Asia Tengah seperti Uzbekistan dan Kazakhstan. Peluang medali paling memungkinkan ada di kelas 48 hingga 60 kilogram. 

Delapan belas nomor gulat yang akan digelar di Asian Games 2018 terdiri dari tiga kelas utama. Yakni, nomor bebas putra kelas 57 kilogram, 65 kilogram, 74 kilogram, 86 kilogram, 97 kilogram dan 125 kilogram. Kemudian, nomor greco romawi putra kelas 59 kilogram, 66 kilogram, 75 kilogram, 85 kilogram, 98 kilogram, 130 kilogram. Terakhir, nomor gulat bebas putri kelas 48 kilogram, 53 kilogram, 58 kilogram, 63 kilogram, 69 kilogram dan 75 kilogram.

Berbicara tentang gulat, apa saja yang diketahui generasi millenial tentang cabang olahraga yang satu ini? Peraturan bermain gulat ternyata sangat sederhana. Setiap pegulat, tentunya hanya bertanding dengan lawan di kelas berat yang sama. Waktu pertandingan gulat adalah 3x3 menit jatuhan yang terdiri dari tiga babak. Babak pertama pegulat memulai dalam posisi netral, babak kedua dan ketiga diputuskan oleh pegulat itu sendiri. Pegulat dinyatakan kalah jatuhan bila pundaknya mengenai lantai dalam hitungan 10

Pegulat harus mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya dengan cara menempelkan pundak musuh ke permukaan matras. Teknik fisik yang ditunjukkan dalam gulat adalah joint lock, clinch fighting, grappling hold, dan leverage. Teknik ini dapat menyebabkan luka yang serius. 

Pada saat bertanding, jika kedua pegulat diam beberapa saat maka wasit akan berteriak open agar daerah serangan dibuka untuk memberi kesempatan pada lawan melakukan serangan. Setelah itu diharapkan kedua pegulat melakukan kontak satu sama lain. Jika tidak, wasit harus berteriak action.

Jika pegulat tidak bereaksi juga, wasit wajib menghentikan pertandingan dan memberikan peringatan kepada kedua pegulat. Bila hal ini terulang, juri dan ketua pertandingan wajib memberikan hukuman berupa pemberian angka kepada salah satu pegulat atas persetujuan wasit.

Teknik yang digunakan dalam permainan gulat dalam satu pertandingan resmi menggunakan teknik aman. Tidak ada pukulan, tendangan ataupun tamparan, yang ada hanya bantingan dan pitingan.

Nah, itulah sekilas tentang peraturan olahraga gulat. Nanti, kita akan membahas teknik kuncian dalam olahraga ini; joint lock, clinch fighting, grappling hold, dan leverage. 

 

Tags : asian games
Rekomendasi