Makin Dekat Juara, City Cetak Banyak Rekor

Tim Editor

Manchester City (Foto: Twitter @OpotaJoe)

Manchester, era.id - Manchester City hanya mencetak satu gol ke gawang Chelsea, Minggu (4/3/2018). Tapi, 902 passing yang mereka buat dalam laga tersebut merupakan rekor baru Liga Premier.

Seperti dilansir dari Soccerway. Sebelumnya, tidak ada klub yang mampu mendistribusikan bola sebanyak yang City lakukan tadi malam. Dan ini merupakan yang pertama kalinya dalam sejarah sepak bola Inggris sejak Opta mulai mencatat data dan statistik sepak bola sejak 2003-2004.

Ilkay Gundogan membuat passing terbanyak dalam laga itu, salah satunya bahkan menjadi kunci kemenangan yang berhasil dikonversi menjadi gol oleh Bernardo Silva.

Pemain nasional Portugal mencetak gol kala babak kedua baru berjalan satu menit. Sementara Oleksandr Zinchenko mencatatkan akurasi umpan 96,7 persen dari 152 umpan yang dilakukannya.

Dalam pertandingan itu, pelatih Pep Guardiola juga menorehkan pertandingan ke-100 sejak kali pertama menukangi The Citizens awal musim 2016-17. Pria Catalunya mencatatkan rekor 67 kemenangan, 13 kekalahan, dan 18 kali imbang.

Jumlah kemenangan ini jauh lebih sedikit dibandingkan dengan saat ia melatih Barcelona dan Bayern Munchen yang masing-masing menorehkan 71 dan 77 kemenangan. Tapi di bawah kepemimpinan Pep, City berhasil mencatatkan jumlah kemenangan dan gol terbanyak (239) dibandingan dengan klub lain di Liga Premier. 

Tidak sampai di situ. Di bawah kepemimpinan Pep, penyerang Argentina Sergio Aguero juga menjelma menjadi 'predator' buas dengan mencetak 63 gol. Ini merupakan jumlah gol terbanyak sepanjang karier Kun saat dipegang satu pelatih.  

Dengan kemenangan ini, pasukan Pep Guardiola juga makin menjauh dari peringkat dua Liverpool dengan selisih poin 18 dan hanya membutuhkan empat kemenangan lagi untuk memastikan gelar Liga Premier berlabuh di Etihad Stadium.

Manchester United bisa saja kembali memperkecil selisih poin menjadi 16 sekaligus menyalip Liverpool di posisi kedua andai mereka memenangkan pertandingan melawan Crystal Palace dini hari nanti, Selasa (6/3/2018). Tapi, itu tidak terlalu penting bagi City.

Tag: liga inggris

Bagikan: