Pegulat Indonesia Jalani Latihan Lanjutan di Bulgaria

Tim Editor

Sedang memuat podcast...

Tim gulat putri Indonesia (Foto: Istimewa)

Blagoevgard, era.id - Timnas gulat Indonesia menjalani latihan hari kedua di Bulgaria pada hari ini, Selasa (24/4/2018). Dilansir dari siaran pers yang diterima meja redaksi, latihan kali ini akan digelar dua kali; sesi pertama mulai pukul 10.00 waktu setempat dan sesi kedua dilakukan pada sore hari. Setiap sesinya akan digelar dalam berbagai varian set selama hampir dua jam.

"Besok dua kali match, akan jauh lebih berat dari hari ini," kata pelatih timnas gulat Bulgaria Peter Kasabov seusai menutup fase latihan hari pertama, Senin (23/4).

Jika pada latihan hari pertama Peter Kassabov dan asistennya, Stoian Petkov, memberikan porsi latihan ringan yang terdiri dari varian enam set yang masing-masing berlangsung selama satu menit, ditambah setengah menit, lalu tiga menit, maka di sesi latihan hari kedua akan jauh lebih berat.

Beragam teknik akan diterapkan para pegulat putri Bulgaria dalam latih-tanding tersebut, seperti bagaimana upaya serangan untuk sekadar memperdaya, atau mengecoh, pura-pura, dan usaha menjatuhkan lawan yang sebenarnya.

Setiap teknik yang dipelihatkan dan diajarkan timnas Bulgaria diyakini akan semakin membuka wawasan para pegulat putri Indonesia menjelang digelarnya Asian Games 2018 pada 18 Agustus mendatang.

Baca Juga : 4 Teknik Dasar Olahraga Gulat


Sesi pelatihan hari pertama timnas gulat Indonesia di Bulgaria (Foto: Istimewa)

Sebelumnya, keenam pegulat putri yang berlatih di Bulgaria ini sudah menjalani proses pelatihan di Icuk Sugiarto Training Camp (ISTC), Cisaat, Sukabumi selama hampir dua bulan. Namun, mereka dinilai tidak memperlihatkan perkembangan kemampuan secara optimal.

Dewi Ulfa (Kaltim/53 kg), Eka Setiawati (Jabar/48 kg), Mutiara Ayuningsih (Jatim/58 kg), Dewi Atiya (Jabar/63 kg), Desi Sinta (Banten/69 kg), dan Ridha Wahdaniyati (Kalsel/75 kg) lalu mendapat kesempatan melanjutkan proses pelatihan di Blagoevgrad, Bulgaria dan melakukan latih-tanding dengan para pegulat timnas Bulgaria. 

Baca Juga : Mengenal Olahraga Gulat

Di Blagoevgrad, yang berjarak sekitar 100 km dari Sofia--ibu kota Bulgaria--keenam pegulat putri Indonesia mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuannya terkait strategi dan teknik dari berbagai aspek serangan maupun pertahanan gulat.

Lawan yang mereka hadapi dalam latih-tanding ini adalah para pegulat terbaik Bulgaria yang dipersiapkan terjun di Kejuaraan Eropa 2018 di Kaaspisk, Rusia, pada 30 April-6 Mei 2018. Mereka adalah Fati Mundeva (50 kg), Evelina Nikolova (55 kg), Biliana Dylova (57 kg), Mimi Hristova (59 kg), Taybe Isein (62 kg) dan Sofia Geozgiva (68 kg).

Baca Juga : Strategi Latihan Pegulat Indonesia


Ilustrasi gerakan teknik dasar gulat (era.id)

Tag: gulat asian games 2018 menjadi bangsa pemenang

Bagikan: