Siapa yang Bakal Terkubur di Bernabeu?

| 01 May 2018 20:54
Siapa yang Bakal Terkubur di Bernabeu?
Cristiano Ronaldo (Twitter @ChampionsLeague)
Jakarta, era.id - Zinedine Zidane bisa saja mencatatkan rekor baru di Liga Champions saat Real Madrid menjamu Bayern Munich di leg kedua babak semifinal, Selasa (1/5/2018) malam. Tapi, mampukah Zizou melewati hadangan FC Hollywood?

Sejak menangani Los Blancos pada 2016, pelatih asal Prancis memenangkan kompetisi paling bergengsi di Benua Biru ini selama dua musim beruntun. Kemenangan 2-1 di leg pertama akan menjadi modal bagi Zidane untuk mengamankan peluang gelar ketiganya sekaligus yang ke-13 bagi Real Madrid.

Sebaliknya, Juup Heynckes--yang pernah memberi gelar Liga Champions buat Real Madrid pada 1998--yakin Bayern Munich bisa seperti Juventus yang mengejutkan Los Blancos di babak perempat final dengan permainan agresif dan mencetak tiga gol tandang, sebelum akhirnya tersingkir di menit-menit akhir.  

Di liga domestik, raksasa Bundesliga ini tengah berada di puncak permainannya dan bertekad memberikan kemenangan kepada sang pelatih yang akan pensiun di akhir musim. Siapakah yang akan lolos ke final? Kita lihat dulu data yang dilansir dari Opta berikut ini:

- Dalam tujuh pertandingan Liga Champions sebelumnya, tidak ada satu pun tim yang pernah membalikkan kekalahan leg pertama di kandang dengan skor 1-2.

- Dalam enam pertemuan terakhir melawan Madrid (semua di babak knock-out Liga Champions) Bayern menderita enam kekalahan. Ini merupakan kekalahan terbanyak yang pernah mereka alami melawan satu lawan di kompetisi Eropa. Kemenangan tandang terakhir Bayern melawan Los Blancos terjadi pada Mei 2001, di semifinal Liga Champions (1-0, melalui gol yang dicetak Giovane Elber).

- Di bawah Zidane, Real Madrid tidak pernah tersingkir di Liga Champions. Los Blancos lolos di delapan pertandingan tandang dan kandang dan memenangkan dua babak final. Mereka juga memenangkan tujuh dari delapan pertandingan knock-out di kandang (leg pertama).

- Dalam 13 laga tandang Liga Champions terakhir, Bayern gagal menjaga clean sheet. Ini merupakan rentetan kebobolan terlama bagi mereka di kompetisi ini. 

- Cristiano Ronaldo telah mencetak sembilan gol melawan Bayern di Liga Champions, satu-satunya pemain yang mampu melebihi jumlah gol melawan satu lawan di kompetisi ini adalah Ronaldo sendiri, mencetak 10 gol melawan Juventus.

- Di leg pertama, Ronaldo gagal mencetak gol. Dia bahkan tidak mampu melakukan satu pun tendangan ke gawang untuk pertama kalinya di Liga Champions musim ini. Namun sejauh ini ia telah mencetak 54 gol dalam 48 pertandingan di Bernabeu, termasuk 13 gol dalam tujuh pertandingan terakhirnya.

- Tiga gol terakhir Marco Asensio di Liga Champions dicetak saat dia menjadi pemain pengganti, yang semuanya terjadi di babak knock-out; dua melawan Bayern (di perempat final musim lalu dan leg pertama semifinal musim ini) dan satu gol melawan Juve di final 2017 penentu.

- Robert Lewandowski gagal mencetak gol dalam empat pertandingan terakhir Liga Champions, ini merupakan durasi puasa gol terlama selama dia bermain dengan Bayern. 

Nah, kira-kira sudah punya gambaran belum? 

Rekomendasi