Ketika Madrid Gagal Taklukan 10 Pemain Barca

| 07 May 2018 17:41
 Ketika Madrid Gagal Taklukan 10 Pemain Barca
(Foto: Twitter @FCBarcelona)
Jakarta, era.id - El Clásico kembali bergelora. Jika pada pertemuan pertama Madrid menjadi bulan-bulanan Barca dan takluk 0-3, gelaran El Clásico ke-238 yang berlangsung pada Minggu (6/5/2018) berlangsung lebih sengit.

Determinasi dan permainan keras menjadi hiasan laga kali ini. Dalam pertandingan yang berlangsung di Camp Nou tersebut, Barcelona bermain dengan 10 orang setelah Sergi Roberto diganjar kartu merah di penghujung babak pertama. Selain itu, partai ini menjadi pertandingan terakhir bagi kapten Barca, Andrés Iniesta yang akan hengkang dari Camp Nou akhir musim ini.

Jalan Pertandingan

Pada empat menit awal, Barcelona langsung menekan inti pertahanan, beberapa kali aksi trisula Messi-Suarez-Coutinho membuat jantung pertahanan Madrid bekerja ekstra keras. Madrid akhirnya berhasil lepas dan kembali balik menekan setelah menit ke-5. 

Kala itu, Cristiano Ronaldo mendapatkan umpan matang dari Karim Benzema pada menit ke lima setelah berhasil memberikan umpan terobosan, sayang wasit garis menganggap terobosan tersebut offside.

Barcelona akhirnya memimpin pada menit ke-9 setelah umpan lambung dari sisi kanan pertahanan Real Madrid diterima dengan sempurna oleh Luis Suarez. Tendangan Suarez mengalir deras di sisi gawang kiper Keylor Navas, 1-0 untuk Los Blaugrana.

 

Keunggulan Barca tidak bertahan lama. Empat menit kemudian, umpan lambung Toni Kroos dari sisi kiri pertahanan Barca disambut Benzema dengan kepalanya yang mengarahkan bola ke mulut gawang Barca. Dengan penetrasi lemah, Ronaldo menaklukkan Marc-Andre Ter Stegen. Skor pun imbang 1-1. 

Tempo pertandingan semakin meningkat, pada menit ke-35  permainan keras dimulai setelah manuver ciamik Iniesta dibalas dengan tekel keras dari Gareth Bale.

Permainan keras tim asuhan Zinedine Zidane kembali terjadi pada menit ke-43. Umpan terobosan Suarez kepada Coutinho disambut dengan tekel keras Ramos terhadap Suarez. 

Kedua pemain bersitegang setelah Suarez tak terima perlakukan Ramos. Wasit pun bersikap tegas dengan memberikan sanksi kartu kuning kepada kedua pemain.

Berselang satu menit, giliran Lionel Messi yang bermain keras dengan menekel Ramos saat akan mengantisipasi bola, kartu kuning kembali lahir dari tindakan La Pulga tersebut. 

Lagi makin panas pada menit 47, Roberto menerima kartu merah setelah terlibat duel dengan Marcelo.

 

Babak kedua

Bermain dengan 10 pemain pada babak kedua, tak membuat semangat menyerang Barca padam. Alih-alih tertinggal, Navas harus kembali memungut bola dari gawangnya sendiri. 

Messi secara meyakinkan mampu mengarahkan bola ke kiri gawang Madrid setelah sukses menerima umpan dari Suarez pada menit 51, skor 2-1 untuk Barca.

Pada menit 71, Bale berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Tendangan keras pemain asal Wales tersebut berhasil merobek jala gawang Ter Stegen.

Baru saja mencetak gol, Bale kembali memperlihatkan permainan kerasnya. Nelson Semedo yang saat itu sedang mengiring bola mendapatkan tekel dari samping oleh Bale, wasit menghadiahi kartu kuning untuknya.

Pada 10 menit akhir, penetrasi dari sebelah kanan wilayah Madrid menjadi bulan-bulanan Messi. Total tiga tendangan dilakukan oleh Messi, dua di antaranya berhasil mengarah ke gawang. Akan tetapi, Navas masih mampu diandalkan untuk tetap menjaga pertahanan akhir Madrid.

Hasil ini tidak mengubah apapun di klasemen La Liga, karena Barca telah dinobatkan sebagai jawara pada pekan lalu. Dari 35 laga domestik, Barca juga belum terkalahkan dengan mengantongi poin 87. Sementara Madrid, masih terkunci di posisi 3 dengan poin 72 dan terpaut tiga poin dari tim sekota, Atletico Madrid yang berada di peringkat ke-2. Tapi, Los Blancos masih memiliki tabungan satu pertandingan.

 

Susunan Pemain:

Barcelona (4-3-3) - 1. Ter Stegen (K) - 20. S.Roberto, 3. Pique, 23. Umtiti, 18. Alba (B) – 4. Rakitic, 5. Busquets ,  6.Iniesta (C) (G) – 14. Coutinho, 10.Messi, 9. Suarez (P)

Real Madrid (4-2-2-2) – 1. Navas (K) -  6.Nacho, 4.Ramos (C), 5.Varane, 12.Marcelo (B) - 14. Casemiro, 8. Kroos (GB) - 10. Modric, 11. Bale (GS), 7. Ronaldo, Benzema (P)

Wasit: Hernandez Hernandez

Rekomendasi