Makanan Ini Harus Dihindari Saat Sahur

| 21 May 2018 11:55
Makanan Ini Harus Dihindari Saat Sahur
Infografis Menu Sahur (Grafis: era.id)
Jakarta, era.id - Kalau sedang santap sahur, kamu disarankan untuk menghindari makanan yang terlalu manis dan asin karena bisa bikin kamu lebih cepat haus saat berpuasa. Kok bisa?

Begini penjelasannya. Menurut Direktur Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan Eni Gustina, makanan dengan kadar gula dan garam tinggi bisa mengikat cairan dan menyebabkan pengeluaran cairan tubuh lebih banyak. Akibatnya, tubuh menjadi sering buang air kecil. Nah, hal ini akan membuat sel-sel tubuh kita jadi kekurangan cairan. 

Baca Juga: Menu Sahur Praktis: Tumis Kacang Panjang Cah Tempe

"Sebaiknya kurangi makan makanan yang terlalu manis atau asin. Gula dan garam itu sifatnya menarik cairan tubuh, sehingga kita akan lebih sering buang air kecil. Kalau banyak buang air kecil, kita akan cepat haus," kata Eni, dikutip dari Antara, akhir pekan lalu.

Supaya kamu tahu, rasa haus adalah salah satu mekanisme tubuh yang memberi tanda bahwa cairan tubuh berkurang atau kekurangan cairan. Agar tak cepat haus, disarankan perbanyak minum air putih saat sahur supaya kadar air dalam tubuh terjaga dan tubuh tidak kekurangan cairan.

Baca Juga: Menu Sahur Praktis: Bubur Oatmeal Buah 

Kalau kamu bingung memilih menu sahur yang tepat, era.id menyarankan supaya kamu pilih makanan yang berprotein, mengandung karbohidrat kompleks yang tinggi serat. Jangan lupa juga memperbanyak konsumsi buah dan sayuran segar untuk membantu menjaga stamina tubuh saat menjalankan puasa.

Selamat berpuasa!