Google Doodle Rayakan Penemu Skala pH

| 29 May 2018 15:20
Google Doodle Rayakan Penemu Skala pH
Ilustrasi (Google.com)
Jakarta, era.id - Ada yang tertarik dengan fitur dan desain Google Doodle hari ini? Ya, Google Doodle memberikan kamu kesempatan untuk berkenalan dengan pencipta skala ph, S.P.L Sorensen, kimiawan asal Denmark. Skala pH adalah sebuah sistem ukuran untuk melihat seberapa asam atau basa sebuah benda. 

Sorensen--lahir di Havrebjerg, Denmark pada 9 Januari 1868--adalah seorang kepala laboratorium Carlsberg di Kopenhagen pada 1901. Pabrik tersebut adalah sebuah laboratorium yang didirikan oleh pabrik bir Carlsberg untuk memajukan pengetahuan biokimia yang berkaitan dengan pembuatan bir. 

Selama memimpin laboratorium tersebut, Sorensen menunjukkan kontribusinya yang sangat besar terhadap bidang kimia, yaitu dengan menemukan skala pH pada 1909. 

Singkatnya sistem ukur pH terdiri dari 14 satuan. Satuan 1-6 menandakan benda tersebut bersifat asam, satuan 8-14 menandakan sebuah benda bersifat basa, sedangkan pH=7 menandakan sebuah benda bersifat netral/biasa. 

Baca Juga : Selap-Selip di Gang dengan Google Map

Pada awal tampilan google.com, terlihat beberapa item seperti sikat gigi, soda, jeruk, kopi, air, dan wortel mengelilingi ikon play. Jika kamu menekan ikon tersebut, maka akan tampil animasi dari Sorensen.

Pada grafik pertama, Sorensen menanyakan kepada para pengguna apakah buah tomat memiliki ph asam (tombol ke kiri) atau ph basa (tombol ke kanan). Kamu akan menemukan tombol yang tepat sekaligus memberitahukan pH dari tomat.

Tidak sampai di situ, Sorensen juga mengajak kita menentukan pH dari telur, brokoli, lemon, sabun, dan aki. Google Doodle kali ini pasti seru dan kami harap kamu tidak meninggalkan keseruan yang hadir pada hari ini saja!

Baca Juga : Google Assistant Bisa Menelepon Seperti Manusia