Tradisi Lagu Resmi Piala Dunia

| 13 Jun 2018 06:49
Tradisi Lagu Resmi Piala Dunia
Ilustrasi (Rahmad/era.id)
Jakarta, era.id - Piala Dunia bukan urusan sepak bola dan harga diri negara peserta semata. Masifnya keterkaitan antara satu dengan hal lainnya membuat pesta sepak bola empat tahunan ini menjadi roda penggerak berbagai aspek. Mulai dari aspek ekonomi, infrastruktur, budaya, hingga hiburan.Dan salah satu aspek hiburan yang selalu menjadi rutinitas penyelenggaraan Piala Dunia adalah pemilihan lagu resmi.

Pada Piala Dunia 1962 di Chili, sebuah lagu berbahasa spanyol berjudul Los Ramblers dibawakan oleh Jorge Rojas Artoga sebagai pemanasan acara. Tetapi, FIFA baru meresmikan penggunaan lagu resmi pada Piala Dunia FIFA 1966 di Inggris dengan lagu World Cup Wille yang dinyanyikan penyanyi legendaris Lonnie Donegan. Lagu resmi Piala Dunia ini juga digunakan sebagai pengiring acara selama berlangsungnya acara dan kampanye iklan yang mengarah kepada ajang sepak bola empat tahunan ini.

Biasanya, lagu Piala Dunia dibawakan dalam berbagai versi atau memiliki perbedaan lagu sekaligus perbedaan bahasa. Misalnya pada Piala Dunia 1986 di Meksiko saja ada tiga lagu Piala Dunia, yakni dua lagu berbahasa Inggris dan satu lagu berbahasa Spanyol. Penggunaan bahasa Spanyol tentunya merepresentasikan bahasa nasional Meksiko.

Dan sejak Piala Dunia 1998, ada dua jenis lagu yang digunakan untuk meramaikan pesta sepak bola planet bumi ini; official anthem dan official song. Official anthem adalah lagu yang dikeluarkan FIFA untuk mengiringi tiap acara resmi FIFA yang dibutuhkan selama penyelenggaraan Piala Dunia. Sedangkan official song adalah lagu resmi yang dikeluarkan FIFA, tuan rumah atau sponsor yang lebih berfungsi pada kegiatan marketing.

Seperti contoh, pada Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, official anthem-nya adalah lagu dari R Kelly dengan judul Sign of A Victory. Sedangkan official song-nya adalah Waka Waka yang dibawakan penyanyi asal Kolombia, Shakira. Tetapi, sponsor Piala Dunia sekaligus partner FIFA, Coca-Cola, juga mengeluarkan sebuah official song dengan judul Wavin Flag yang dibawakan oleh K'Naan.

Pada Piala Dunia Rusia, berbagai skena musik internasional akan berkolaborasi di bawah payung FIFA dan rumah rekaman, Sony Music. Will Smith, Nicky Jam, dan Era Istrefi resmi menjadi artis FIFA untuk membawakan lagu berjudul Live It Up yang merupakan official song Piala Dunia kali ini. Sedangkan pihak sponsor, Coca-Cola, telah lebih dulu mengeluarkan lagu yang dibawakan artis terkenal, Jason Derulo dengan judul Colors.

Tradisi lagu resmi untuk Piala Dunia nyatanya  mampu mengolah emosi para penggemar sepak bola sehinga mampu menjadi kompenen penting dalam meningkatkan kemeriahan Piala Dunia itu sendiri.

"FIFA dan Sony Music membangun kesepakatan baik untuk membuat sebuah lagu resmi, sinergi antara musik dan sepak bola telah membangkitkan emosi penggemar di seluruh dunia. Lagu ini akan mendampingi pertunjukan terbesar di bumi, mewujdukan kegembiraan, dan persatuan yang akan dinikmati orang-orang di seluruh dunia selama Piala Dunia FIFA 2018," ujar Philippe Le Floc'h, Chief Commercial Officer FIFA, seperti dilansir dari website resmi FIFA, fifa.com.

Lagu resmi itu secara resmi juga akan dikumandangkan di hadapan 80.000 penonton di Stadion Luzhniki, Moskow pada upacara pembukaan dan penutupan Piala Dunia 2018.  

Baca Juga : Kilas Grup A Piala Dunia 2018: Kemilau Salah