Haruskah Loew Pilih Marc-Andre ter Stegen?

| 19 Jun 2018 19:16
Haruskah Loew Pilih Marc-Andre ter Stegen?
Marc-Andre ter Stegen (Instagram mterstegen1)
Moskow, era.id - Minggu (17/6), 15 menit sebelum pertandingan Jerman melawan Meksiko. Kiper nomor dua Jerman, Marc-Andre ter Stegen terekam kamera tertawa bersama rekan satu timnya Niklas Sule saat berjalan di lorong menuju lapangan Luzhniki Stadium. 

Nama Ter Stegen kembali jadi perdebatan, perlukah dia diberi kesempatan mengawal gawang Jerman di laga lanjutan Piala Dunia? Apalagi Jerman --dengan status juara bertahan-- keok di tangan Meksiko.

Jangan salahkan kekalahan Jerman kepada Manuel Neuer. Jerman sekarang bukanlah tim empat tahun lalu yang membenamkan Brasil di rumahnya sendiri. Namun Neuer baru saja pulih dari cedera panjang akibat operasi di kakinya jelang perhelatan Piala Dunia juga adalah fakta yang tak bisa dikesampingkan.

Tapi meminggirkan nama Ter Stegen rasanya gak elok juga. Dia adalah salah satu kiper terbaik di dunia dan penjaga utama gawang FC Barcelona. 

Situs ESPN, Selasa (19/6/2016) memberi analisa menarik situasi ini. Neuer telah menjaga gawang Jerman sejak 2010 lalu. Dia punya bakat bakat luar biasa, superstar, dan telah menjabat sebagai kapten tim nasional Jerman sejak 2016. Masalahnya dia berhenti bermain selama delapan bulan lebih akibat cedera parah.

Setelah menghabiskan hampir seluruh musim yang dengan pengobatan, Neuer memainkan pertandingan pertamanya untuk Jerman hanya tiga minggu jelang dimulainya Piala Dunia. Dan pelatih Jerman, Joachim Loew langsung mengembalikan Neuer ke posisi awal sebagai kiper utama.

"Ketika Anda bermain sepanjang musim dan selalu mempertahankan level tertinggi, ini adalah situasi yang mengecewakan," kata ter Stegen beberapa saat setelah tahu dia cuma jadi pelapis Neuer. Dia janji akan membantu Neuer.

Mari kita tengok komentar legenda penjaga gawang Jerman, Oliver Kahn. Menurutnya, pengalaman Neuer dan konsistensi yang telah ditunjukkannya di Piala Dunia 2014, tidak tergantikan. Neuer telah menjadi penjaga gawang yang luar biasa selama bertahun-tahun. 

Tidak bermain selama lebih delapan bulan juga tidak berarti Neuer lupa bagaimana cara mengawal gawang yang baik. 

Namun bagi ESPN, Neuer tampak jauh dari berwibawa. Bermain dalam posisi kebiasaannya di dekat garis tengah di akhir babak kedua, ia sangat lamban kembali ke gawang setelah Meksiko menguasai bola. Lagipula gol Meksiko yang dicetak Hirving Lozano bukanlah kesalahan Neuer. Tidak ada jaminan juga kalau Ter Stegen bisa lebih cepat mengatasinya.

Jadi sekali lagi, pilihan ada di Joachim Loew. Apakah dia tetap memilih Neuer atau membuat rasa baru di gawang Jerman.

Rekomendasi