Instagram Luncurkan Aplikasi Khusus Video Durasi Panjang

| 21 Jun 2018 13:16
Instagram Luncurkan Aplikasi Khusus Video Durasi Panjang
Ilustrasi (Twitter @swahilitimes)
Jakarta, era.id - Rencana Instagram untuk menambah durasi video di platform-nya ternyata tidak seperti yang dibayangkan banyak orang. Rabu (20/6/2018) pihak Instagram secara resmi malah mengumumkan peluncuran IGTV, aplikasi terpisah yang dibuat khusus untuk video berdurasi panjang. 

Meski demikian, ketika pengguna login ke dalam aplikasi ini, secara otomatis akan memutar video vertikal. Ya, IGTV memang secara khusus dibuat untuk video yang ditampilkan secara vertikal pada layar untuk memberikan kepuasan maksimal dalam menikmati video lewat telepon mobil.

Saat pertama kali masuk pada aplikasi tersebut, pengguna langsung disuguhkan kepada video vertikal berlayar penuh. Kemudian pada bagian bawah tersedia pilihan video. Menu paling kiri adalah rekomendasi video hasil personalisasi dari aktivitas Instagram, lalu sebelah menu 'for you' yang isinya merekomendasikan video dari Instagram, ada menu 'following' yang berisi video dari akun yang sudah kita follow.

Selanjutnya ada menu 'popular' yakni video yang banyak ditonton, dan terakhir ada menu 'continue watching' yakni untuk menonton kembali video yang belum selesai ditonton mengingat memang platform ini disediakan khusus untuk video berdurasi panjang. 

Dilansir dari theverge.com, CEO Instagram Kevin Systrom mengatakan, aplikasi ini dirancang untuk mempermudah menemukan dan menonton video di ponsel. Sebagian besar aplikasi video mengharuskan pengguna untuk menelusuri video sendiri, sedangkan IGTV hadir sebagai lawan dari televisi di mana pengguna cukup membuka aplikasi dan langsung memulai menonton. 

Kemudian IGTV juga memungkinkan pengguna mengunggah video mereka langsung ke Instagram. Seorang produk manager mengatakan pembuatan aplikasi ini merupakan upaya untuk menghadirkan sebuah rumah yang dibuat khusus untuk video mobile untuk menyaingi YouTube.

Baca Juga : Durasi Video di Instagram Bisa Smapai 1 Jam?

Untuk permulaan, durasi video bisa mencapai 10 menit. Sedangkan akun yang lebih besar dapat mem-posting video berdurasi berjam-jam. Ke depannya Instagram berharap memberikan kebebasan kepada pengguna untuk mengunggah video selama apapun yang pengguna mau.

Saat ini, Instagram belum akan menghadirkan iklan pada platform IGTV. Namun tidak menutup kemungkinan iklan akan berseliweran di platform yang mencitrakan diri sebagai aplikasi khusus video ponsel ini dalam beberapa waktu ke depan.

 

Tags :
Rekomendasi