Mobil Karnaval Jakarnaval 2022 Terbakar, Wagub DKI: Itu Kebakaran Sedikit Saja, Tidak Masalah

| 15 Aug 2022 08:54
Mobil hias terbakar di akhir gelaran Jakarnaval di Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol, Jakarta, Minggu (14/8/2022). (ANTARA/Ricky Prayoga)

ERA.id - Salah satu mobil karnaval terbakar saat pada puncak Jakarnaval 2022. Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria mengatakan tidak ada masalah dari terbakarnya mobil karnaval tersebut.

"Itu kebakaran sedikit saja, ada insiden sedikit tidak masalah," kata Ahmad Riza Patria kepada wartawan dikutip Senin (15/8/2022).

Riza tidak bicara banyak mengenai hal tersebut. Dia hanya mengatakan evaluasi akan dilakukan agar peristiwa ini tidak terulang lagi di 2023 mendatang.

"Tahun depan akan dilakukan evaluasi dan perbaikan selalu setiap tahun ada peningkatan setiap saat semua kegiatan dilajukan evaluasi secara menyeluruh," jelasnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Andhika Permata menambahkan tidak ada korban dari kebakaran mobil karnaval itu. Andhika mengatakan mitigasi selalu disiapkan ketika suatu event digelar.

Pada Jakarnaval 2022, sambungnya, Disparekraf DKI telah menyiagakan petugas pemadam kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Dinas Kesehatan. Hal ini dilakukan agar sesuatu yang tidak diinginkan bisa diantisipasi.

"Semua treatment, standard operating procedure (SOP), sebuah penyelenggaraan event sudah kami lakukan," kata Andhika.

"Dalam hal ini Gulkarmat dan BPBD langsung bertindak seperti itu (memadamkan) dan alhamdulillah sudah terkendali," imbuhnya.

Diketahui, satu mobil hias terbakar di akhir gelaran parade mobil hias, marching band dan tarian Jakarnaval di Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol, Jakarta, Minggu (14/8/2022).

Mobil hias yang terbakar itu adalah mobil hias terakhir dalam rangkaian karnaval yang menampilkan kisah Ramayana dalam parade bertajuk "The Inferno Heart".

Mobil hias tersebut terbakar sekitar pukul 18.30 WIB, tak lama setelah pertunjukan di depan tribun penonton utama, sekitar 50 meter setelah tribun utama.

Api membesar dan membakar sebagian besar dekorasi di mobil hias tersebut. Lima menit kemudian api dapat dipadamkan setelah panitia dibantu petugas pemadam kebakaran datang dan berhasil menjinakkan api sekitar pukul 18.35 WIB. Sebagian besar penonton sudah meninggalkan area tribun saat kebakaran tersebut terjadi.

Rekomendasi