Tak Dapat Uang Keamanan, KKB Papua Bakar Truk Proyek Pembangunan Puskesmas Bibida

| 21 Aug 2022 11:00
Tak Dapat Uang Keamanan, KKB Papua Bakar Truk Proyek Pembangunan Puskesmas Bibida
KKB bakar truk (Dokumentasi Polda Papua)

ERA.id - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua kembali berulah. Kali ini, KKB Papua membakar truk yang digunakan untuk pembangunan puskesmas di pedalaman Kabupaten Paniai, Papua.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal menjelaskan kasus pembakaran ini terjadi di Distrik Bibida, Kabupaten Paniai, Jumat (19/8/2022) sekira pukul 00.20 WIT. Kamal menambahkan peristiwa pembakaran fasilitas proyek pembangunan Puskesmas Bibida ini sempat dilihat dua saksi, yakni Rofinus Zonggonau (40) dan Aprelita Tolede (54).

"Kedua saksi yang melihat sekelompok OTK (orang tidak dikenal) yang mendatangi proyek Puskesmas Bibida langsung melakukan pembakaran terhadap satu unit truk yang diketahui milik PT. Putra Dewa Paniai," ucap Kombes Kamal dalam keterangannya dikutip Minggu (22/8/2022).

Kamal mengatakan truk yang terparkir di depan pagar pintu masuk terbakar hingga hangus seluruhnya. Dia menerangkan polisi langsung datang ke TKP untuk melakukan pemeriksaan.

Dari kejadian ini, tidak ada korban jiwa maupun luka-luka. Diduga, kata Kamal, aksi pembakaran ini dilakukan oleh kelompok KKB Paniai yang dipimpin Stefanus Kobogau dan Ayun Waker yang merupakan anggota KKB Kodap VIII Kemabu Kabupaten Intan Jaya.

"Untuk motif pembakaran tersebut diketahui bahwa adanya pembicaraan antara pihak perusahaan dengan kelompok tersebut yang membahas tentang uang keamanan, namun tidak terealisasi hingga saat ini," ungkapnya.

Lebih lanjut, Kamal mengatakan polisi masih melakukan pendalaman untuk mencari para pelaku yang melakukan perbuatan kriminal tersebut.

Rekomendasi