Bukan Uang Rp900 Miliar, Kapolri Ungkap Barang yang Disita Penyidik Saat Rumah Sambo Digeledah

| 25 Aug 2022 09:22
Bukan Uang Rp900 Miliar, Kapolri Ungkap Barang yang Disita Penyidik Saat Rumah Sambo Digeledah
Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo (Dok. Antara)

ERA.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membicarakan isu viral penemuan uangRp 900 miliar saat penyidik melakukan penggeledahan di rumah Irjen Ferdy Sambo. Listyo mengatakan tidak ditemukan ada uang ratusan miliar itu di rumah Ferdy Sambo.

"Karena pada saat kita melaksanakan penggeledahan tiga rumah, yaitu di Duren Tiga, Saguling, Bangka termasuk di Magelang yang kita dapati saat itu (adalah) handphone, pisau, kotak senjata, kemudian beberapa buku laporan m-banking. Terkait uang Rp900 miliar tersebut kami nyatakan tidak ada," kata Listyo saat rapat kerja bersama Komisi III DPR di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Rabu (24/8/2022).

Listyo ingin meluruskan informasi yang beredar di media sosial ini. Dia menerangkan informasi ini tidak benar alias hoaks.

"Setelah kami dalami, peristiwa yang kemudian viral tersebut adalah kasus uang dolar palsu yang terjadi di Atlanta, Amerika Serikat. Jadi ini kami luruskan," dia menambahkan

Sebelumnya, sebuah video viral di media sosial yang menunjukkan ada tumpukan uang dolar. Tumpukan uang ini disebutkan berada di rumah Irjen Ferdy Sambo.

Dari video yang beredar, tumpukan uang dolar ini ditaruh di banyak koper bewarna putih. Disebutkan, total tumpukan uang di rumah Ferdy Sambo ini senilai Rp900 miliar.

"*FIX A1 INFO VALID DARI MABES. Uang 900 miliyar yg disimpan Ferdy Sambo dirumahnya. Mana ya ade armando cs ini??? Dah mati ya??? Ayo donk berkicau. Kadivhumas kemana??? Kok bilangnya uang yg ditemukan dirumahnya FS adalah berita HOAX..," demikian narasi itu sebagaimana dilihat di akun Twitter @Miss_warawiri, Selasa (23/8/2022).

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo sebelumnya sudah mengatakan bahwa video itu hoaks.

Rekomendasi