Pakai Mobil Pelat Merah, Pelaku Percobaan Penculikan Anak di Halim Jaktim Ditangkap

| 02 Sep 2022 20:42
Pakai Mobil Pelat Merah, Pelaku Percobaan Penculikan Anak di Halim Jaktim Ditangkap
Ilustrasi penjara (ANTARA)

ERA.id - Viral di media sosial percobaan penculikan anak di Jakarta Timur (Jaktim). Para pelaku melakukan penculikan dari sebuah mobil.

Dari video yang beredar, terduga pelaku yang merupakan wanita menawarkan tumpangan ke sejumlah siswi SMP saat jam pulang sekolah. Siswi itu menolak. Terduga pelaku lalu pergi meninggalkan siswi tersebut. Terlihat, mobil yang dipakai terduga pelaku ini adalah kendaraan berpelat merah.

Kapolsek Makasar Kompol Zaini Abdillah Zainuri membenarkan kejadian tersebut. Dia mengatakan kejadian ini terjadi di Kompleks Lanud Halim Perdanakusuma, Jaktim. Zaini menerangkan terduga pelaku yang merupakan dua pria dan satu wanita ini telah diamankan, kemarin.

"Memang TKP-nya di Lanud ya, jadi di Kompleks Halim, kalau Kompleks Halim dia punya POM juga. Jadi ketika diamankan pertama, diamankan TNI AU. Setelah itu baru diserahkan ke kita," kata Zaini kepada wartawan, Jumat (02/09/2022).

"Kronologisnya jadi dia pakai mobil APV ya, mobil APV, ketika ada anak pulang sekolah, nongkrong, dia lewat terus manggil. Jadi dia buka pintu, dia manggil. 'Ayo ikut saya aja, saya anterin pulang', gitu. Tapi karena anak-anaknya nggak mau, nolak, dia jalan lagi," sambungnya.

Zaini belum mengetahui apakah pelat merah yang dipakai terduga pelaku asli atau palsu. Dia hanya mengatakan ketiga terduga pelaku ini merupakan warga sipil.

"Informasi yang kita dapat, dia nawarinnya (melakukan percobaan penculikan) ke anak-anak perempuan," ucapnya.

Zaini menambahkan terduga pelaku ini diserahkan ke unit PPA Polres Jaktim. Pendalaman lebih lanjut masih dilakukan. Dia pun mengatakan kasus ini adalah percobaan penculikan.

"Jadi saya jelaskan dulu ya, sebelumnya ini bukan penculikan baru percobaan penculikan. Sementara ini dari keterangan yang kita dapat, kita ambil sebagai penyelidikan awal tapi karena pelaku dan korbannya adalah anak perempuan, pelakunya ada perempuan juga, jadi kita serahkan ke polres di unit PPA," tutup dia.

Rekomendasi