Jakarta Dibuat Ramah Pejalan Kaki, Anies: Biar Pendatang Dapat Pengalaman Baru, Tak di Hotel Terus

| 04 Sep 2022 20:02
Jakarta Dibuat Ramah Pejalan Kaki, Anies: Biar Pendatang Dapat Pengalaman Baru, Tak di Hotel Terus
Gubernur Anies Baswedan saat berbincang bersama, Wali Kota Rotterdam Ahmed Aboutaleb di Jakarta.

ERA.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan kondisi Jakarta saat ini cukup ramah bagi pejalan kaki. Semuanya, kata Anies, dapat dilihat dari pengakuan warga Jakarta maupun luar Jakarta yang merasa nyaman dan aman saat berkeliling  kota saat ini.

"Saya rasa kini banyak sekali yang datang ke Jakarta lebih bisa menelusuri kota, melihat kota dan dengan rasa aman," ujarnya, Jumat sialm, ketika menemani Wali Kota Rotterdam Ahmed Aboutaleb mengunjungi berbagai sudut Jakarta.

Menurutnya, hal tersebut sudah sesuai dengan harapannya dengan membuat trotoar yang lebih banyak agar dapat digunakan para pejalan kaki di Jakarta. Dia berharap lebih banyak lagi masyarakat yang berkeliling kota Jakarta dengan berjalan kaki.

"Kami ingin orang yang datang ke Jakarta itu merasa ada pengalaman baru tidak di hotel terus, kalau dia hanya berada di hotel atau di mobil, ya apa pengalamannya dibandingkan dengan tempat-tempat lain. Harus disadari hal itu (jalan kaki) yang kita butuhkan," ucapnya.

Dia mencontohkan Wali Kota Rotterdam Ahmed Aboutaleb yang disebutnya mendapat pengalaman baru dengan berjalan-jalan keliling kota di sela kegiatan Urban 20 (UEP) yang tengah diikutinya.

"Dia keliling Pasar Baru, dia jalan ke Blok M. Dia enggak pernah di kamar, dia keliling ke mana-mana merasakan kota ini walkable city, kota yang bisa dibuat untuk pejalan kaki, di mana Jakarta mengarah ke situ dengan pedestrian yang luas dan nyaman. Karena itu dia jalan ke mana-mana dan itu yang membuat dia betah di sini," tuturnya.

Ahmed Aboutaleb sendiri mengakui bahwa dirinya memang selama di Jakarta telah berjalan-jalan. Selain karena alasan kesehatan, dia juga ingin melihat perkembangan Jakarta yang merupakan kota saudara Rotterdam tersebut.

"Saya sempat berjalan-jalan ke Pasar Baru, hanya jalan-jalan di mana saya memiliki tekad untuk berjalan 10 ribu langkah per hari. Saya telah berkunjung sebanyak lima kali ke Jakarta dan kota ini telah mengalami perkembangan yang menakjubkan. Jadi saya ingin mengucapkan selamat dan terima kasih kepada gubernur serta jajarannya," kata Aboutaleb dalam Jakarta Investment Forum (JIF) 2022 di Jakarta, Kamis (1/9).

Berbagai jalur atau kawasan pejalan kaki ataupun trotoar di Jakarta direvitalisasi untuk menunjang kebutuhan masyarakat.

Yang terbaru adalah revitalisasi Kota Tua di mana kawasan tersebut pada beberapa titik hanya bisa diakses oleh pejalan kaki demi menciptakan ruang ketiga bagi masyarakat yang bebas polusi. Revitalisasi Kota Tua sendiri dikabarkan telah selesai 100 persen dan telah menghabiskan anggaran sebanyak Rp102 miliar.

Rekomendasi