Ada Asap dan Api di Lantai 10 Grand Indonesia hingga Pengunjung Dievakuasi, Manajemen Bantah Terjadi Kebakaran: Hanya Kendala Panel

| 18 Sep 2022 16:25
Ada Asap dan Api di Lantai 10 Grand Indonesia hingga Pengunjung Dievakuasi, Manajemen Bantah Terjadi Kebakaran: Hanya Kendala Panel
Ilustrasi kebakaran (Unsplash/Matt C)

ERA.id - Corporate Communication Grand Indonesia (GI) Annisa Hazarini angkat bicara mengenai kebakaran di GI. Annisa membantah bila terjadi kebakaran di Grand Indonesia.

"Sebenarnya tidak ada kebakaran sama sekali hanya ada kendala pada salah satu panel kami yang menyebabkan adanya asap yang keluar cukup banyak karena posisi panel yang tertutup jadi asapnya di situ mengumpul dan kemudian lama-lama asapnya keluar dan memasuki koridor mal," kata Annisa kepada wartawan, Minggu (18/09/2022).

Dia menambahkan manajemen GI langsung mengambil langkah untuk mengevakuasi pengunjung keluar mal ketika terjadi kendala teknis di lantai 10 West Mal Grand Indonesia tersebut. Annisa mengatakan tidak ada satupun pengunjung mal yang terkena dampak dari peristiwa ini.

"Semua orang dievakuasi demi keselamatan dan kenyamanan pengunjung dan seluruh stakeholder GI. Tidak ada impact-nya sama sekali cuma karena asapnya mulai keluar di setiap lantai jadi kami evakuasi keluar gedung," ucapnya.

"Hanya di west mall saja (kepulan asap ini) memang kejadiannya di west mall asapnya turun ke beberapa lantai. Setelah itu kami evakuasi pengunjung pelan-pelan keluar. Untuk area east mall tidak terdampak sama sekali," sambungnya.

Secara terpisah, Kepala Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat Asril Rizal mengatakan kebakaran di Mal Grand Indonesia diduga terjadi akibat korsleting listrik. Asril Rizal menambahkan damkar masih berada di lokasi untuk memadamkan api.

"Dugaan penyebab (kebakaran yaitu) korsleting panel listrik," kata Asril Rizal dalam keterangannya, Minggu.

Dia menerangkan damkar sedikit kesulitan untuk memadamkan api karena terkendala asap yang tebal.

"Hambatan asap tebal, kurangnya penerangan," tambahnya.

Sebelumnya, Mal Grand Indonesia di Jakarta Pusat terbakar. Damkar menerima laporan ini sekitar pukul 11.51 WIB.

"Sumber informasi (kebakaran ini) dari petugas security Mall Grand Indonesia," demikian keterangan humas damkar DKI, Minggu (18/09/2022).

Petugas damkar langsung menuju lokasi untuk memadamkan api. Tujuh unit mobil damkar dan 28 personel dikerahkan untuk memadamkan api di Mal Grand Indonesia.

Rekomendasi