Lagi Ngebor Sumur, Warga Tangerang Temukan Kandungan Gas dan Minyak

| 18 Oct 2022 15:30
Lagi Ngebor Sumur, Warga Tangerang Temukan Kandungan Gas dan Minyak
BPBD mengecek lokasi sumur yang mengandung gas dan minyak di Desa Pekayon, Kabupaten Tangerang. (BPBD Kabupaten Tangerang)

ERA.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang menutup sumur yang diduga mengandung gas dan minyak di salah satu rumah warga di Kampung Kebon Kelapa, Desa Pekayon.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tangerang, Abdul Munir mengatakan kandungan gas dan minyak tersebut dihasilkan dari pengeboran sumur sedalam 10 meter.

"Kita pastikan sumur yang diduga mengandung gas dan minyak, sudah ditutup menggunakan batu split dan pasir, sehingga air dalam sumur tidak keluar lagi," ujarnya, Selasa (18/10/2022).

Munir menuturkan, kejadian tersebut bermula saat seorang warga pemilik rumah tengah mengebor mencari sumber air bersih. Pemilik rumah, lanjutnya, mengebor tanah dengan kedalaman hingga 8 meter.

"Tetapi airnya keluar keruh atau kotor, sehingga dibor lagi hingga kedalaman menjadi 10 meter," katanya.

Munir menambahkan, pada saat penambahan kedalaman tiba-tiba sumber air tidak terkendali keluar dari dalam lubang pengeboran.

"Air tersebut bau gas yang menyengat disertai dengan minyak dan menyembur sampai 1 meter," ucap dia.

Munir menuturkan, pihaknya melakukan penutupan sumur tersebut secara permanen menggunakan semen dan mengarahkan pengeboran air di tempat yang lain.

"Warga juga khawatir lumpur yang keluar seperti fenomena lumpur di Jawa Timur, karena itu sumur di tutup," jelasnya.

Munir menambahkan, pihaknya pun telah melakukan koordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tangerang, untuk menyelidiki terkait kandungan gas yang menyembur tersebut.

Rekomendasi