Bharada E Ungkap Ferdy Sambo Punya Lemari Khusus Senjata Api di Rumah Saguling

| 01 Dec 2022 08:00
Bharada E Ungkap Ferdy Sambo Punya Lemari Khusus Senjata Api di Rumah Saguling
Bharada E (Ilham/ERA.id)

ERA.id - Terdakwa pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J), Bharada Richard Eliezer (Bharada E) mengungkapkan Ferdy Sambo memiliki lemari khusus untuk menyimpan senjata api.

Bharada E mengetahui ada lemari khusus ini ketika dirinya bersama rombongan baru tiba di rumah Ferdy Sambo di kawasan Saguling, Jakarta Selatan, atau usai dari Magelang.

Saat itu, Bharada E meminta izin untuk menyimpan senjata api ajudan usai dirinya mengangkat barang-barang dari mobil. Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi menyuruhnya untuk menyimpan senjata api tersebut di lantai tiga rumahnya.

"Itu bersama dengan Om Kuat (ke lantai tiga). Berdua Om Kuat bawa barang," kata Bharada E saat menjadi saksi di persidangan terdakwa Bripka Ricky Rizal Wibowo dan Kuat Ma'ruf di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Rabu (30/11/2022).

Bharada E bersama Kuat naik ke lantai tiga dengan tangga. Sesampainya di lantai tiga, Putri Candrawathi sudah berada di sana. Istri Ferdy Sambo ini lalu menyuruhnya dan Kuat Ma'ruf untuk masuk.

"Jadi saya masuk ke dalam bareng Om Kuat pas belok kiri, baru dapat lorong, Yang Mulia. Saya tahu Om Kuat masuk di lorong itu di meja ruang rias itu kalau tidak salah. Tapi saya ikut Ibu terus ini, habis itu masuk ada kamar, Yang Mulia," kata Bharada E.

Richard mengaku tidak mengetahui kamar siapa yang dimasukinya itu. Putri Candrawathi lalu membuka lemari di dalam kamar tersebut dan ternyata, ada banyak senjata api di ruang penyimpanan tersebut.

"Ibu ngajak saya (masuk kamar) sampai di, jadi ada kasur, ada TV, ada di samping itu ada tembok, ada lemari, Yang Mulia. Ibu masuk kesitu, Ibu buka lemarinya, saya lihat 'wih senjata semua', ada lemari senjata, Yang Mulia. Ibu langsung bilang 'sudah simpan disitu aja'. Akhirnya saya simpan aja di situ," ungkapnya.

Setelah itu, Bharada E izin turun ke lantai bawah rumah. Ketua Majelis Hakim, Wahyu Iman Santoso lalu bertanya ke Bharada E perihal apakah Putri Candrawathi pernah menggunakan senjata api atau tidak.

Mantan ajudan Ferdy Sambo ini menjawab tidak pernah melihat hal tersebut. 

"Saudara Putri pernah lihat gunakan senjata?" tanya Wahyu

"Siap, saya tidak pernah lihat," jawab Richard.

"Tapi (Putri) cukup tahu senjata ya," ucap Wahyu.

"Tahu," jawab Richard.

Rekomendasi